P4Smart Melancarkan Distribusi Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

P4Smart Melancarkan Distribusi Pangan di Tengah Pandemi Covid-19
Kementan dorong P4Smart penuhi kebutuhan pangan masyarakat. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian memberikan kontribusi terhadap kebutuhan pangan bagi masyarakat dengan mendorong Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) terjun langsung memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan membangun aplikasi P4Smart.

Hal ini dilakukan menyusul adanya pandemi wabah virus Covid-19 yang membuat ruang gerak masyarakat berkurang.

P4Smart merupakan sebuah karya dimana produk yang akan dijual adalah produk dalam keadaan baik, dipanen, dipacking dengan dengan harga terjangkau.

Kehadiran P4Smart ini diharapkan bisa membantu daerah yang mengalami karantina sehingga pasokan pangan di wilayah tersebut tetap lancar.

Selain itu, P4Smart ini juga bisa menjembatani antara petani dan konsumen pengguna produk.

Hal ini sejalan dengan himbauan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). SYL mengatakan distribusi pangan harus menjadi kepentingan bersama di tengah situasi penyebaran wabah Covid-19 saat ini. Sebab, menurutnya kelangkaan pangan bisa berujung pada kepanikan masyarakat.

"Kalau sudah menyangkut pangan, maka seharusnya tidak ada isolasi, yang ada adalah distribusi. Memang corona ini membuat ekonomi menurun, tetapi harus ingat, satu satunya lapangan kerja yang tersedia adalah pertanian," ujar SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi juga menyampaikan Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi besar sektor pertanian, dan pertanian inilah yang menjadi penguat rakyat menghadapi wabah Covid-19.

Kehadiran P4Smart ini diharapkan bisa membantu daerah yang mengalami karantina sehingga pasokan pangan di wilayah tersebut tetap lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News