Pabrik Baru Kimia Farma Bisa Produksi 30 Ton Setahun

Pabrik Baru Kimia Farma Bisa Produksi 30 Ton Setahun
Kimia Farma. Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTA – PT Kimia Farma Tbk (KAEF) mulai membangun pabrik active pharmaceutical ingredient (API) atau bahan baku obat. Pembangunan tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama BUMN farmasi itu dengan Sungwun Pharmacopia Co. Ltd dari Korea Selatan.

Sungwun Pharmacopia Co. Ltd membangun joint venture (JV) dengan KAEF melalui PT Sungwun Pharmacopia Indonesia. Keduanya mendirikan perusahaan patungan dengan nama PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia pada 25 Januari 2016.

Direktur Utama KAEF Rusdi Rosman menyatakan, groundbreaking tanda dimulainya pembangunan pabrik baru dilakukan kemarin (10/10). Pabrik yang berdiri di Kawasan Industri Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, tersebut berdiri di lahan seluas 5.000 m2 di antara 6 Ha yang disediakan.

”Pabrik dibangun sesuai standar good manufacturing practice (GMP) dan diperkirakan selesai akhir 2017. Komersialisasi hasil produksi bahan baku obat aktif ini direncanakan awal 2018,” ungkapnya dalam keterangan resmi kemarin (10/10).

Ada delapan bahan baku obat yang akan diproduksi. Yakni, simvastatin, atorvastatin, rosuvastatin, pantoprazole, esomeprazole, rabeprazole, clopidogrel, dan sarpogrelate.

Total kapasitas produksi mencapai 30 ton per tahun. Produksi bahan baku obat tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan seluruh industri farmasi di Indonesi. Selebihnya untuk pasar ekspor.

Selain bahan baku obat aktif, pabrik itu akan memproduksi high function chemical (HFC) yang dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan suplemen makanan. Seluruh hasil produk HFC bakal di ekspor ke Korea, Jepang, dan Amerika.

Sungwun Group diyakini sebagai mitra yang tepat untuk menuju kemandirian bahan baku farmasi di Tanah Air. Sebab, mereka telah memiliki teknologi untuk memproduksi bahan baku obat.

JAKARTA – PT Kimia Farma Tbk (KAEF) mulai membangun pabrik active pharmaceutical ingredient (API) atau bahan baku obat. Pembangunan tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News