Padukan Teh dan Bunga jadi Minuman Kesehatan

Padukan Teh dan Bunga jadi Minuman Kesehatan
Jene saat meracik teh. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Budaya minum teh mungkin lebih dikenal di Negara Tiongkok, Jepang, ataupun Inggris. Namun, sebagian masyarakat Surabaya juga ada yang membiasakan budaya tersebut. Dia adalah Jene Green Sabeth. Kecintaannya terhadap teh membuat dia penasaran, belajar, hingga akhirnya bisa meracik teh sendiri dengan berbagai bahan dari kota-kota di Indonesia. Misalnya, Malang, Jogja, dan Surabaya.

Akhir pekan lalu Jene mengajak gengnya untuk menyeduh teh racikannya di Layer Speech di daerah Raya Darmo Baru. Selain daun teh atau Camellia sinensis, dia juga memanfaatkan macam-macam bunga. Berjudul afternoon tea, dia menyeduh tiga jenis teh.

''Yang ungu itu blue tea dicampur lemon, yang hijau murni blue tea, lalu yang kuning itu krisan,'' jelas perempuan kelahiran Jakarta, 6 Januari 1990, tersebut.

Keahliannya meracik teh sendiri bermula dari seringnya dia berkelana. Jene pergi ke banyak kota di negara lain untuk mencoba dan berburu berbagai rasa the. ''Tapi, kalau benar-benar mulai meracik teh sendiri, baru dua bulan terakhir ini,'' jelasnya.

Keinginannya untuk meracik teh sendiri ternyata menjadi-jadi setelah dia berkunjung ke toko penjual bahan-bahan pembuat teh di Australia pada tahun lalu. ''Terus saya mikir. Kalau ada bahan-bahan gini,kan saya bisa racik teh dengan aroma dan khasiat sesuai keinginan sendiri. Apalagi, di Surabaya ini sulit banget cari kedai teh,'' cerita perempuan lulusan International Business Management Universitas Ciputra tersebut.

Teh yang dibuatnya bukan sekadar teh biasa. Tapi ternyata punya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Misalnya saja yang kuning. Terbuat dari bunga krisan kuning dengan aroma wangi khas bunga krisan, teh itu ternyata bermanfaat mencegah sakit-sakit dalam tubuh.

Sampai saat ini, teh yang berhasil dia racik sendiri ada 12 macam. ''Tapi, teh saya lebih ke teh yang aromanya soft dan rasanya manis,'' sambungnya. Sebab, tujuannya meracik teh sendiri ternyata adalah membuat minuman kesehatan yang menyegarkan, ringan, dan menyenangkan.

Selain itu, yang sangat dia cari dari teh adalah aromanya. ''Jadi memang benar-benar beda sama kopi yang aroma dan rasanya kuat,'' imbuhnya. (ama/c22/any)

Macam-Macam Racikan Teh 

White Lavender 

Untuk yang susah tidur

Campuran dari bunga lavender dan white tea

Rose Blue Tea 

Untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit, dan kecantikan

Campuran dari bunga telang, mawar putih, dan mawar merah

Crisantium 

Untuk mencegah penyakit dalam seperti kencing manis, kolesterol, dan sakit jantung

Campuran dari snow chrysanthemum dan bunga krisan kuning


 

Teh yang dibuatnya bukan sekadar teh biasa. Tapi ternyata punya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News