Pak Amien Diingatkan Tak Sembarangan Pakai Argumentasi Agama

Pak Amien Diingatkan Tak Sembarangan Pakai Argumentasi Agama
Amien Rais. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais diingatkan untuk tidak serampangan mengumbar argumentasi agama dalam pertarungan politik praktis.

Demikian menurut Ketua Rumah Gerakan 98 Bernard Haloho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/4).

Pernyataan Bernard tersebut terkait dengan ucapan Amien soal partai Allah dan partai Syetan yang menghebohkan beberapa waktu lalu.

“Jangan dong gara-gara ingin bertarung untuk kepentingan politik, terus menarik-narik suatu hal itu dengan argumentasi agama yang ugal-ugalan,” ujar Bernard

Bernard pun menilai bahwa seharusnya seorang seperti Amien Rais memberikan pernyataan-pernyataan yang mendamaikan. Bukan justru membuat situasi yang lebih gaduh lagi.

“Terkait pernyataan Amien Rais soal partai setan, saya kok jadi teringat dan rindu dengan sosok Gus Dur. Yang kita butuhkan di tengah situasi seperti ini yang kita butuhkan adalah sosok yang pemikirannya itu sangat inklusif,” ujar dia.

Sementara, terkait munculnya gerakan #2019GantiPresiden, Bernard menganggapnya sebagai ekspresi hak berpolitik masyarakat yang wajar.

Baginya, gerakan yang diinisiasi politikus PKS Mardani Ali Sera itu tidak perlu dipermasalahkan. “Kalaupun mau direspons, ya responsnya dengan kreatifitas,” jelas dia.

Mantan Ketua MPR RI Amien Rais diingatkan untuk tidak serampangan mengumbar argumentasi agama dalam pertarungan politik praktis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News