Pak Bupati Kerahkan Dukun Lawan Corona

Pak Bupati Kerahkan Dukun Lawan Corona
Forum Perdukunan dan Adat Belitung melaksanakan ritual di titik Nol KM Pusat Kota Tanjungpandan. Foto: Belitong Ekspres

jpnn.com, BELITUNG - Mencegah penularan wabah virus Corona atau Covid-19, Bupati Belitung Sahani Saleh mengerahkan dukun.

Para tetua adat dan dukun dari Forum Perdukunan dan Adat Belitung (FKAB) dikumpulkan untuk melakukan ritual gaib dan tolak balak di Rumah Adat Belitung.

Tradisi adat tolak balak yang sudah turun-temurun ini bertujuan untuk meminta keselamatan kepada Yang Maha Kuasa agar Pulau Belitong terhindar dari musibah dan malapetaka.

Ritual ini dipimpin oleh Ketua FKAB Mukti Maharif dari Kecamatan Membalong.

"Kami mengajak masyarakat, tokoh adat dan juga tokoh agama untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung,” kata Bupati yang akrab dipanggil Sanem usai ritual doa bersama kepada Belitong Ekspres.

Sanem mengatakan, selain melakukan pendekatan secara medis, pihaknya juga melakukan pendekatan secara adat untuk mengantisipasi penyebaran virus berbahaya ini.

Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada setiap desa untuk melakukan Selamat Kampong di masing-masing desa. Ia juga meminta agar acara Maras Tahun dilakukan secara wajar.

"Mudah-mudahan dengan doa kita bersama ini, kita bisa terhindar dan di jauhkan dari virus Corona dan musibah lain. Kesehatan, kehidupan semuanya adalah keridhaan Allah. Saya harap tetap tenang dan selalu waspada,” tandasnya.

Bupati mengerahkan dukun untuk mencegah penularan wabah virus Corona atau Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News