Pak JK Merasa Risi Membicarakan Kemiskinan di Ruangan Indah

Pak JK Merasa Risi Membicarakan Kemiskinan di Ruangan Indah
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden M Jusuf Kalla (JK) menyampaikan pernyataan yang menohok saat menghadiri Indonesia Development Forum (IDF) di Gama Tower, Jakarta, Rabu (9/8). Tokoh asal Sulawesi Selatan itu mengaku risih ketika berada di dalam ruangan mewah untuk membicarakan kemiskinan.

Mulanya, JK menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama 2017 yang mencapai 5,01 persen. Target dalam APBN Perubahan 2017 adalah 5,2 persen.

JK menuturkan, angka pertumbuhan itu cukup baik untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Sayangnya, pertumbuhan tersebut belum merata dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Pak JK Merasa Risi Membicarakan Kemiskinan di Ruangan Indah

Wakil Presiden M Jusuf Kalla saat menghadiri Indonesia Development Forum (IDF) di Jakarta, Rabu (9/8). Foto: Hana Adi Perdana/JPC

"Berbicara ketimpangan tentu bisa kita lihat dari berbeda sisi. Di Amerika (AS) juga selalu terkenal satu persen lawan 99 persen. Artinya ketimpangan juga luar biasa. Tapi dia timpang dalam kemakmuran,” ujarnya.

Sedangkan di Indonesia, katanya, ketimpangan disertai kemiskinan. “Itu hal yang tentu harus menjadi perhatian kita walaupun saya sedikit agak risi berbicara kemiskinan di tengah ruang yang indah ini. Jadi, tentulah agak sedikit berbeda dan harus kita selesaikan," sambungnya.

Lebih lanjut JK mengatakan, ketimpangan bisa dilihat dari beberapa sektor. Antara lain pertanian, industri dan sektor lainnya yang memiliki gap cukup jauh.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla (JK) menyampaikan pernyataan yang menohok saat menghadiri Indonesia Development Forum (IDF) di Gama Tower, Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News