Pak Jokowi, Please Jaga Estafet Kepemimpinan Polri

Pak Jokowi, Please Jaga Estafet Kepemimpinan Polri
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran, Bandung, Muradi menyatakan, Presiden Joko Widodo harus berhati-hati dalam menyikapi wacana tentang perpanjangan masa tugas Jenderal (Pol) Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Menurutnya, Polri saat ini sedang dalam kondisi solid sehingga langkah keliru bisa berimbas negatif.

Muradi mengatakan, memperpanjang Badrodin di kursi Kapolri bukanlah langkah tepat. “Hanya akan membuat Polri berada dalam situasi yang tidak cukup baik dan tidak terkonsolidasi," kata Muradi, Sabtu (11/6). 

Ia menjelaskan, tidak ada pijakan hukum yang kuat bagi Presiden Jokowi untuk memperpanjang masa jabatan Badrodin sebagai Kapolri. Di sisi lain, Polri juga punya perwira-perwira tinggi yang cakap dan siap melanjutkan estafet kepemimpinan di Polri.

Bahkan, kata Muradi, kesiapan sumber daya manusia (SDM) Polri dalam 15 tahun terakhir ini cukup baik. Sebaran perwira tinggi relatif merata di setiap angkatan dan unit di Polri.

Muradi menyebut kondisi itu sebagai indikasi Polri sangat solid. Di sisi lain, pemerintah juga membutuhkan stabilitas politik.

Karenanya, sambung Muradi, presiden perlu mengesampingkan pemikiran tentang memperpanjang masa tugas Badrodin sebagai Kapolri. "Karena guliran dan proses kepemimpinan di Polri membutuhkan kepastian agar mekanisme pergantian kepemimpinan di Polri akan berimplikasi baik bagi pemerintahan itu sendiri," paparnya.(boy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News