Pak Jokowi, Please Waspadai Bu Rini Gerogoti Nawacita

Pak Jokowi, Please Waspadai Bu Rini Gerogoti Nawacita
Aliansi Mahasiswa Pengawal Nawacita (AMPN) saat menggelar unjuk rasa di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/1) untuk mendesak Presiden Joko Widodo mencopot Menteri BUMN Rino Soemarno. Foto: Elfany Kurniawan/JawaPos.Com

jpnn.com - jpnn.com - Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pengawal Nawacita (AMPN) mengingatkan Presiden Joko Widodo agar berhati-hati dengan Menteri BUMN Rini Soemarno. AMPN bahkan meminta presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu mencopot Rini karena menjauhkan keinginan pemerintah dari Nawacita.

Demi menyuarakan tuntutan itu, AMPN menggelar aksi unjuk rasa di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (29/1). Mereka beraksi di sela-sela hari bebas kendaraan bermotor (car free day).

Sembari memegang poster, menggelar spanduk dan membagikan selebaran ke warga yang sedang berolahraga, aktivis AMPN juga berorasi. Kordinator aksi AMPN Khairul Fuad dalam orasinya menyatakan, Presiden Jokowi harus mewaspadai Rini yang terus berupaya memperkuat cengkeramannya terhadap BUMN dengan menempatkan orang-orang pilihannya.

Ironisnya, kata Khairul menegaskan, Rini memilih orang bermasalah. Salah satunya adalah penunjukan Ahmad Bambang sebagai wakil direktur utama Pertamina.

“Termasuk menempatkan orang-orang bermasalah di Pertamia. Semuanya dilakukan untuk menggerogoti Nawacita yang dicanangkan Jokowi,” kata Khairul dalam orasinya.

Khairul menambahkan, keluarga Soemarno memang sudah lama punya pengaruh kuat di Pertamina. Kakak kandung Rini, Ari H Soemarno bahkan pernah menjadi direktur utama Pertamina. 

“Yang terbaru, mereka mengangkat Ahmad Bambang sebagai wakil dirut Pertamina. Padahal, orang ini jelas bermasalah dan sedang diperiksa Kejaksaan Agung dalam dugaan kasus korupsi penyedian dan operasional kapal di PT Pertamina Trans Kontinental tahun 2012- 2014,” tambahnya.

Khairul pun menyebut pengangkatan Ahmad Bambang sebagai wakil dirut Pertamina hanya akal-akalan untuk mendongkel Dwi Sutjipto dari posisi direktur utama di BUMN energi itu. “Informasi yang beredar,  para komisaris rapat rahasia dan  menyetujui mendongkel Dwi Sutjipto untuk memuluskan kepentingan mereka,” ujarnya.

Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pengawal Nawacita (AMPN) mengingatkan Presiden Joko Widodo agar berhati-hati dengan Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News