Pak Menteri Mengaku Paham Betul Karakteristik Honorer K2

Pak Menteri Mengaku Paham Betul Karakteristik Honorer K2
Massa honorer K2 saat aksi unjuk rasa. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan tes calon PPPK dari hononer K2 (kategori dua) akan dilaksanakan Februari mendatang. Pelaksanaan tes menggunakan sistem CAT (computer assisted test).

Tidak ingin honorer K2 banyak yang tidak lulus, Panselnas (panitia seleksi nasional) akan memberikan materi tes yang mudah. Selain itu passing grade juga dibikin lebih rendah dibandingkan jalur umum.

"Saya jamin materi soalnya mudah dan enggak dibikin sulit. Kalau dibuat sulit malah banyak yang gagal," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Selasa (22/1).

Dalam rekrutmen CPNS 2018, honorer K2 yang ikut tes hanya 8 ribuan dari formasi 13 ribuan.

Sayangnya, ada 2 ribuan yang tidak lulus. Padahal materinya sudah dibikin mudah dan passing grade-nya paling rendah.

"Saya memahami betul karakteristik honorer K2, makanya CPNS 2018 itu kami berikan afirmasi. Kalau sudah diberikan afirmasi tapi tetap tidak lulus ya enggak bisa dipaksakan," ucapnya.

BACA JUGA: Pak Menteri Pastikan Honorer K2 Tenaga Teknis juga Diangkat jadi PPPK

Dia menambahkan, dalam tes PPPK juga diberikan afirmasi. Bahkan afirmasinya lebih banyak dibanding saat tes CPNS 2018. (esy/jpnn)

MenPAN RB Syafruddin menjamin materi soal tes PPPK dari honorer K2 dibuat lebih mudah, meski dengan tetap gunakan sistem CAT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News