Pak Prabowo Rela Enggak Anies Baswedan jadi Capres?

Pak Prabowo Rela Enggak Anies Baswedan jadi Capres?
Prabowo Subianto di Istana Negara. Foto: M. Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peluang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2019 dinilai sangat tergantung pada sikap Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pasalnya, Prabowo diketahui telah digadang-gadang bakal maju kembali sebagai calon presiden. Selain itu, Anies juga diketahui bisa menempati posisi orang nomor satu di DKI Jakarta, salah satunya karena didukung oleh Partai Gerindra yang berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Meski terbuka segala kemungkinan tapi sikap Prabowo bakal cukup menentukan. Jika Prabowo legowo, maka peluang Anies bakal semakin besar," ujar pengamat politik Adi Prayitno kepada JPNN, Kamis (19/10).

Menurut Adi syarat untuk maju sebagai calon presiden cukup berat. Apalagi saat ini mayoritas partai politik telah diboyong oleh Presiden Joko Widodo, yang digadang-gadang bakal kembali maju sebagai capres.

"Jadi tiket nyapres Anies sangat tergantung koalisi partai oposisi yang dibangun Prabowo dan PKS. Pertanyaannya sekarang, sudikah Prabowo hanya sekadar menjadi aktor di balik layar dengan mengusung Anies," ucap Adi.

Meski demikian, Adi menegaskan pilpres masih lama. Jalanan yang bakal ditempuh juga sangat berliku dan mendaki. "Karena itu semua hal masih berpeluang terjadi sepanjang jalan. Dalam politik, semua serbamungkin," pungkasnya. (gir/jpnn)


Jika Prabowo legowo, maka peluang Anies Baswedan bakal semakin besar.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News