Pakai Baju Adat Palembang, Menhub Pimpin Upacara HUT RI

Pakai Baju Adat Palembang, Menhub Pimpin Upacara HUT RI
Suasana upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di kantor Kementerian Perhubungan Jakarta. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kementerian Perhubungan berlangsung penuh khidmat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menjadi inspektur upacara menggunakan adat Palembang, Sumatera Selatan. Begitu juga peserta upacara lainnya yang mengenakan pakaian adat.

Dalam sambutannya, Budi Karya meminta kepada seluruh Apartur Sipil Negara (ASN) di Kemenhub untuk lebih bersemangat dari hari-hari sebelumnya.

“Kebanggaan, semangat Kemerdekaan itu modal yang sangat luar biasa untuk membangun kekompakan, komitmen yang terbaik untuk bangsa,” kata Menhub di Gedung Kemenhub, Jl Medan Merdeka, Jakarta Pusat (17/8).

Kemerdekaan ini, kata Menhub, harus terus digelorakan apalagi di tengah keraguan sebagian orang tentang NKRI. Maka semua elemen masyarakat harus menggelorakan semangat kebangsaan. “Indonesia harus satu, Indonesia semangat dan memberikan satu perjuangan untuk bangsa,” tegasnya.

Budi Karya melanjutkan, Kemenhub sebagai salah satu kementerian real yang berdampak kepada masyarakat harus memberikan contoh. Salah satunya adalah kegiatan yang bersejarah yaitu upacara HUT Kemerdekaan RI.

“Seperti saya dan peserta (upacara) menggunakan pakian adat, ini menunjukan bahwa kita begitu mencintai dan komitmen terhadap NKRI,” ungkap Menhub.

Menhub sendiri menggunakan pakaian adat Palembang. Menurut Menhub selain dirinya asli kelahiran Palembang, daerah ini bersama Jakarta akan melaksankan Asian Games 2018.

“Saya pakai adat Palembang, saya dibesarkan di sana dan kebetulan akan ada Asian Games di Palembang. Ini menandakan Indonesia bukan Jawa, tapi Indonesia sentris. Dengan ini saya juga begitu mencintai NKRI,” ujarnya. (jpnn)


Menhub Budi Karya Sumadi yang menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI menggunakan adat Palembang, Sumatera Selatan.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News