Pakar Sebut Erick Thohir Punya Modal untuk Membangun Bangsa

Pakar Sebut Erick Thohir Punya Modal untuk Membangun Bangsa
Pakar psikologis Prof. Dr. Suryanto, M.Si. menilai Erick Thohir menularkan mental juara ke Timnas U22 Sea Games. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melemparkan pujian kepada Timnas U22 ketika bertanding di SEA Games 2023 yang lalu.

Tak hanya presiden, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, pun mengakui bahwa mental juara sudah terbentuk di jiwa Timnas U-22.

Hal itu ditanggapi oleh Prof. Dr. Suryanto, M.Si. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Prof. Suryanto menilai mental juara yang dibangkitkan Erick pada atlet sepak bola tersebut bisa diaplikasikan ke berbagai sektor, termasuk di sektor sosial dan ekonomi. 

Diharapkan nantinya penerapan mental juara bisa membawa cita-cita pendiri bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju dan dapat berkompetisi di pasar global. 

Namun, penerapan mental juara di berbagai sektor, harus disesuaikan dengan dinamika yang terjadi di sektor tersebut. 

“Contohnya saja untuk membangun mental juara di perusahaan BUMN akan berbeda dengan pengambilan keputusan atlet sepak bola. Pengambil keputusan di perusahaan BUMN harus melalui analisis yang mendalam. Sedangkan disepak bola harus dilakukan cepat karena dibatasi oleh waktu,” kata Suryanto dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Selasa (23/5).

Prof. Suryanto membeberkan bahwa dalam ilmu psikologi, mental juara terdiri dari dua bagian yaitu psikologis dan sikap. 

Pakar psikologis Prof. Dr. Suryanto, M.Si. menilai Erick Thohir menularkan mental juara ke Timnas U22 Sea Games

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News