Pakar Sebut Prabowo Mampu Lanjutkan Strategi Geopolitik Jokowi

Pakar Sebut Prabowo Mampu Lanjutkan Strategi Geopolitik Jokowi
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hubungan internasional dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Robi Sugara mengatakan kebijakan politik luar negeri calon presiden terpilih Prabowo Subianto diyakini mampu melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konteks strategis untuk menghadapi tantangan geopolitik global.

Menurut Robi Sugara, Prabowo memiliki kompetensi dalam melanjutkan peran Presiden Jokowi yang telah berhasil di kancah internasional.

“Prabowo bukan hanya melengkapi tapi menyempurnakan peran Indonesia di kancah internasional. Jokowi sudah bagus dan berhasil membawa Indonesia disegani di kawasan ASEAN,” kata Robi Sugara, Minggu (26/04/2024).

Menurut Robi, Jokowi telah sukses memaksimalkan peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun 2023 dan juga berhasil mengharumkan Indonesia di panggung dunia.

“Kepemimpinan strategis Prabowo akan menyempurnakan keberhasilan Jokowi. Prabowo diyakini akan mampu menyuarakan kepentingan negara Indo-Pasifik dan negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia di dunia internasional,” ujar Robi.

Apalagi, kata Robi, Indonesia sudah tergabung dalam keanggotaan G20. Indonesia sudah setara dengan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia.

“Kita sudah real ke depan akan menjadi salah satu pemain dunia karena kita masuk keanggotaan G20. G20 itu kan kumpulan negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia, Indonesia masuk ke situ,” ujar Robi.

Menurut Direktur Eksekutif Senopati Syndicate itu, peran Jokowi selama 10 tahun terakhir ini sudah sangat kuat dan ke depan akan dilanjutkan oleh Prabowo Subianto.

Pakar hubungan internasional Robi Sugara mengatakan kebijakan politik luar negeri Prabowo diyakini mampu melanjutkan kebijakan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News