PAN Pastikan Rebut Ketua DPRD dari Golkar

PAN Pastikan Rebut Ketua DPRD dari Golkar
PAN Pastikan Rebut Ketua DPRD dari Golkar

jpnn.com - TARAKAN - Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, telah menuntaskan pleno penghitungan suara. Termasuk dua PPK yang tergabung di dalam satu daerah pemilihan (Dapil). Yaitu PPK Tarakan Barat dan PPK Tarakan Utara.

Dari hasil penghitungan suara di dua PPK tersebut, PDIP meraih suara terbanyak (8.075 suara). PAN menempel ketat dengan selisih suara sedikit dengan partai besutan Megawati itu, yaitu 7.929 suara. Namun kedua parpol tersebut dipastikan meraih dua kursi di DPRD Kota Tarakan dari dapil III (Tarakan Barat dan Utara).

Selain itu, tiga parpol lainnya juga memastikan meraih satu kursi di DPRD Tarakan. Yaitu Demokrat (5.625 suara), Golkar (5.228 suara), dan PKB (5.027 suara). Sebab, kelima parpol tersebut meraih suara di atas angka BPP (harga kursi) di Dapil III, yaitu 4.506 suara. Angka BPP itu diperoleh setelah mengetahui jumlah suara sah di dua kecamatan tersebut yaitu 49.570, dibagi 11 kursi yang diperebutkan di dapil ini.

Yang menarik di dapil III, empat caleg petahana berhasil mempertahankan kursinya di DPRD Tarakan. Rakhmat Sewa yang Pemilu 2009 meraih kursi dari Partai Indonesia Sejahtera (PIS), di Pemilu 2014 kembali meraih kursi dengan suara tertinggi di antara caleg PDIP, yaitu 1.985 suara.

Caleg petahana lainnya, Musadi juga meraih kursi lewat partai barunya PAN dengan 1.257 suara (sebelumnya Bintang Reformasi atau PBR). Kemudian Paulus Turu, Pemilu 2009 lewat Partai Persatuan Daerah (PPD), di Pemilu 2014 menjadi caleg Demokrat.

Menurut pengamat politik dari Universitas Borneo (UB) Tarakan Yahya Ahmad Zein, PAN  meraih hasil maksimal di Pemilu 2014. Perolehan 4 kursi di DPRD Tarakan, termasuk dua kursi di Dapil I dan II, membuat jabatan ketua DPRD Tarakan menjadi milik PAN.

"Karena PAN paling banyak kursinya, maka ketua DPRD Tarakan jadi milik PAN," kata Yahya, Kamis (17/4).

Hasil Pemilu 2009 lalu, ketua DPRD Tarakan jadi milik Golkar dengan 4 kursi yang dimiliki. Pemilu 2014, justru partai berlambang pohon beringin kehilangan satu kursi.

TARAKAN - Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, telah menuntaskan pleno penghitungan suara. Termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News