PAN Resmi Gabung Koalisi Jokowi, Qodari: Gegara Amien Rais Keluar

PAN Resmi Gabung Koalisi Jokowi, Qodari: Gegara Amien Rais Keluar
M Qodari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya resmi bergabung dengan koalisi Jokowi atau koalisi parpol pendukung pemerintah.

Kepastian itu terungkap setelah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno ikut hadir dalam undangan Presiden Jokowi dalam pertemuan petinggi partai koalisi di Istana Merdeka, Rabu (25/8).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi bergabungnya partai politik masuk ke dalam sebuah koalisi baik oposisi maupun koalisi. Yakni faktor kesamaan posisi politik atau oposisi pemerintah, kesamaan ideologi dan kedekatan konstituen.

“Sebetulnya ada satu variabel lagi, tetapi jarang disadari ya dan jarang ditulis. Sebetulnya penting yaitu kenyamanan individu atau kenyamanan pribadi antara pimpinan suatu partai politik, katakanlah dengan Presiden sebagai pemimpin koalisi,” kata Qodari, Kamis (26/8/2021)

Qodari melihat peran Zulkifili Hasan selaku Ketua Umum PAN semenjak 2019 sebelum Pilpres digelar, sudah nyaman dan dekat dengan Presiden Joko Widodo, namun terhalang untuk berkoalisi dengan Jokowi sebab adanya sosok Amien Rais yang masih bercokol di tubuh PAN.

“Saya melihat peran atau variabel individu ini dan peran Pak Zulkifli itu sangat besar. Jadi, Pak Zulkifli itu memang bahkan semenjak 2019 sebelum Pilpres sebetulnya, menurut kabar memang merasa dekat dengan Pak Jokowi, tetapi waktu itu ada Pak Amin di internal PAN dan sangat berpengaruh,” ujar Qodari.

Qodari menambahkan, untuk menghindari konflik dengan Amien Rais, Zulkifi mengalah demi menjaga kondusifitas internal partai karena sedang menghadapi Pemilu dan dapat menurunkan semangat para calon legislatif untuk berjuang.

“Demi menghindari konflik di internal PAN, saat yang tidak tepat, karena mau memasuki Pemilu dan menurunkan semangat caleg, maka kemudian Pak Zulkifli mengalah,” ujarnya.

Qodari menilai setelah Amien Rais keluar di dalam struktur PAN, Zulkifli Hasan lebih leluasa dan berani gabung koalisi Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News