PAN Sudah Siapkan Lima Kandidat

PAN Sudah Siapkan Lima Kandidat
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - KUNINGAN – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat sudah menyiapkan lima nama kandidat  wakil bupati Kuningan. 

Dari kelima nama tersebut, tiga nama diantaranya dari internal PAN, sedangkan sisanya dari eksternal. 

Sekum DPW PAN Jabar H Herry Dermawan mengatakan, PAN di Kuningan terbilang peraih kursi terbesar di Jawa Barat. Dengan jumlah kursi 8 buah, PAN tergolong partai nomor 2 di Kuningan.

Pada pilbup 2013 silam, partai matahari terbit itu pun masuk ke dalam salah satu parpol pengusung pasangan Utama (Utje-Acep). 

“Sehingga PAN punya hak untuk mengajukan calon baik dari internal maupun eksternal. Karena secara umum prinsip dari politik itu ujung-ujungnya kekuasaan, di samping kita pun harus memperhatikan realita yang berkembang,” tandas politisi yang kini duduk di Komisi II DPRD Jawa Barat itu.

Kendati demikian, Heri menjelaskan, di tubuh PAN itu berlaku mekanisme pemberian hak otonomi kepada DPD. Siapa figur yang hendak diajukan diserahkan kewenangannya kepada DPD. DPW hanya tinggal menunggu laporan kemudian mendorongnya. Hanya saja, sudah barang tentu DPW mengharapkan, cawabup ini berasal dari internal partai. 

“Tapi kita juga harus memperhatikan sistem yang berlaku. Dulu, bupati yang mengajukan 2 calon. Sekarang berbeda, DPRD yang mengajukan 2 calon melalui bupati. Nah, kita parpol itu tak boleh egois karena yang namanya wabup seharusnya belahan jiwa bupati,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Herry, PAN tidak akan mendorong orang yang berkemungkinan besar tidak cocok dengan bupati. Karena dengan begitu, yang akan menanggung kerugian adalah masyarakat Kuningan. Itulah yang disarankan kepada DPD untuk dijadikan bahan pertimbangan. 

KUNINGAN – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat sudah menyiapkan lima nama kandidat  wakil bupati Kuningan.  Dari kelima nama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News