Panas Merata se-Pulau Jawa

Panas Merata se-Pulau Jawa
Panas Merata se-Pulau Jawa

jpnn.com - BOGOR--Curah hujan yang mulai berkurang membawa dampak cuaca panas di wilayah Bogor dan sekitarnya. Hal itu disebabkan angin yang bertiup ke arah barat, sehingga curah hujan menunjukkan penurunan signifikan.

Arus air laut pasang juga berdampak terhadap udara panas yang dihasilkan dari bumi, sehingga timbul udara panas, termasuk di wilayah Bogor.

Kasi Informasi dan Data pada Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, Hendri Antoro mengatakan, perubahan itu berlaku di seluruh Pulau Jawa, mulai Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena diperkirakan curah hujan kembali normal.

“Pengaruh arah angin bertiup ke arah barat inilah yang menjadi penyebab hujan turun tak beraturan. Kadang pagi, siang maupun malam hari, dan setelahnya udara menjadi panas,” ujarnya.

Menurut Hendri, sejak beberapa tahun ini, ada perubahan iklim di Indonesia yang membuat curah hujan tidak seperti biasanya pada kurun Januari hingga Juni.

Dia menambahkan, uap air di laut Jawa berbeda-beda. Tergantung, pada seberapa panas energi yang dihasilkan. “Antara Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur pasti ada perbedaan. Namun, dipastikan efeknya hanya bertahan sementara,” pungkasnya.(ram/c)


BOGOR--Curah hujan yang mulai berkurang membawa dampak cuaca panas di wilayah Bogor dan sekitarnya. Hal itu disebabkan angin yang bertiup ke arah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News