Pangdam Sebut Tiga Elemen Penting untuk Menjaga Stabilitas

Tiga elemen penting di dalam satu kantor pelayanan

Pangdam Sebut Tiga Elemen Penting untuk Menjaga Stabilitas
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warito. Foto: Dok. Kodam XIII

jpnn.com, MANADO - Berbagai upaya pemerintah daerah dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas dan ketahanan. Menurut Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warito, di antaranya dengan terus memelihara sinergitas antar komponen masyarakat.

Hal ini harus dimulai dari level terendah, yaitu desa. Warsito mengagas terobosan ‘Tiga Pilar Desa’ atau disingkat TPD berkantor bersama.

Konsep ini yaitu menghadirkan tiga elemen penting di dalam satu kantor pelayanan. “Yaitu terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari unsur Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) TNI AD, Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Babinkamtibmas) dari unsur Polri, dan kepala desa dari unsur pemerintah daerah,” ungkap jenderal bintang dua tersebut seperti dilansir Manado Post (Jawa Pos Group).

Namun, menurut pangdam, langkah nyata sinergitas TPD ini tidaklah mudah. Hal ini mengingat berbagai keterbatasan masing-masing pihak. Sebab, menurutnya, tidak jarang kehadiran TPD justru sebagai pemadam kebakaran.

“Karena hanya sempat bertemu apabila ada permasalahan yang sudah terjadi,” ungkapnya.

Menurutnya, diperlukan langkah nyata untuk menjamin peran dan fungsi TPD yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Di antaranya dengan membangun kantor bersama.

“Langkah ini merupakan salah satu solusi untuk menghadirkan negara untuk melayani dan melindungi rakyatnya,” beber pangdam.

Ide ini lanjut perwira tinggi TNI AD tersebut, di dasarkan pada Perpres Nomor 2/2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. Khususnya tentang agenda prioritas nasional, yang kemudian lebih dikenal dengan Nawacita.

Berbagai upaya pemerintah daerah dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas dan ketahanan. Menurut Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warito,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News