Pangkoarmada RI Pimpin Serah Terima 3 Jabatan Strategis Koarmada RI

Pangkoarmada RI Pimpin Serah Terima 3 Jabatan Strategis Koarmada RI
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto (dua kanan) berfoto bersama pejabat baru Koarmada RI yaitu Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan (kiri), dan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono (dua kiri), selepas upacara serah terima jabatan di Markas Komando Koarmada RI, Jakarta, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

jpnn.com, JAKARTA - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Herru Kusmanto memimpin serah terima beberapa jabatan strategis di Koarmada RI, yaitu Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankopebba) Koarmada RI di Markas Komando Koarmada RI, Jakarta, Rabu (9/8).

Dalam upacara itu, Laksamana Muda (Laksda) TNI Achmad Wibisono resmi menjabat sebagai Pangkoarmada I menggantikan Laksdya TNI Erwin S Aldedharma.

Kemudian Laksda TNI Yayan Sofyan resmi menjabat sebagai Pangkoarmada II menggantikan Laksda TNI Maman Firmansyah, dan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yosua Dominggus Aipassa resmi bertugas sebagai Dankoppeba menggantikan Laksma TNI Darmansyah.

“Panglima Koarmada I diserahterimakan, dan selanjutnya Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mendapat jabatan dan mendapat amanah di Kogabwilhan (Komando Gabungan Wilayah Pertahanan) I. Demikian juga Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah mendapat amanah untuk mendukung apa yang sudah direncanakan di Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional) RI sebagai Wakil Gubernur Lemhannas RI,” kata Pangkoarmada RI selepas upacara di Markas Komando Koarmada RI, Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan promosi jabatan yang diterima Laksdya Erwin dan Laksda Maman membuktikan mereka dapat memimpin Koarmada I dan Koarmada II dengan baik.

“Di sini kita bisa melihat bahwa Panglima Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III itu dapat mengemban tugas dengan baik sehingga reward yang diberikan oleh pemimpin itu berupa jabatan promosi yang berstatus atau level bintang tiga sehingga Alhamdulilah kami di Koarmada RI juga bersyukur bahwa apa yang sudah dikerjakan, apa yang sudah dilaksanakan Koarmada I, II, dan III itu mendapat perhatian dari pemimpin sehingga mendapat reward sesuai yang dicita-citakan,” kata Herru Kusmanto.

Dalam kesempatan yang sama, dia menyampaikan para pejabat baru diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai potensi yang ada di lingkungan kerjanya untuk menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah laut RI.

“Kami harapkan dengan pergantian panglima (Koarmada I dan II), pergantian beberapa asisten yang ada di Koarmada RI ini, Koarmada RI dapat menunjukkan eksistensinya berperan secara optimal lagi dalam mengemban tugas sebagai penegak kedaulatan dan hukum di laut sehingga kami harapkan Koarmada I dengan wilayah kerjanya yang cukup luas, Koarmada II, Koarmada III, dengan didukung 14 pangkalan utama dan juga Guspurla (gugus tempur laut) dan Guskamla-nya (gugus keamanan laut) dapat mengoptimalkan diri di tahun 2023 ini,” kata Herru.

Pangkoarmada RI Laksdya TNI Herru Kusmanto memimpin serah terima beberapa jabatan strategis di Koarmada RI, yaitu Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, & Dankopebba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News