Panglima TNI Kerahkan Intelijen Cari Aktor Makar

Panglima TNI Kerahkan Intelijen Cari Aktor Makar
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan pihaknya akan mendukung Polri dalam mengantisipasi adanya agenda makar di balik aksi demonstrasi 25 November dan 2 Desember.

Salah satunya memberikan bantuan tenaga intelijen TNI kepada Polri untuk menyekat gerakan terindikasi makar tersebut.

"Kerja sama intelijen untuk melihat mencari dan menemukan siapapun yang ajak demo baik sutradara maupun aktor-aktornya," kata Gatot didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai video conference dengan seluruh pejabat utama TNI-Polri di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/11).

Dikatakan Gatot, nantinya tim intelijen akan mengidentifikasi oknum-oknum yang memiliki agenda makar. Kemudian, pihak intelijen terus memantau gerakan mereka.

"Mereka bertanggung jawab dan harus kita ikuti terus 24 jam. Selanjutnya apabila yang dikatakan Kapolri, ada tindakan makar maka itu bukan urusan polisi saja tapi sudah urusan TNI," jelas Gatot.

Sementara itu, dalam video conference, Gatot juga menyampaikan pesan kepada panglima komando utama TNI di seluruh Indonesia untuk tidak berlibur jelang demo 2 Desember.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya gerakan inkonstitusional.

‎"Saya ingatkan, prajurit saya bukan penakut. Setiap ada tugas di manapun juga pasti mereka berebut. Yang tidak tugas akan minta tugas. Jiwa mereka ingin jadi pahlawan. Kejadian ini tidak boleh berlarut-berlarut, yang menghambat masyarakat hidup tenang," tandas dia. (Mg4/jpnn)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memastikan pihaknya akan mendukung Polri dalam mengantisipasi adanya agenda makar di balik aksi demonstrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News