Panitia Peparnas XVI Papua Siapkan Ruang Khusus untuk Tes Malaria

Panitia Peparnas XVI Papua Siapkan Ruang Khusus untuk Tes Malaria
Salah satu jurnalis di Peparnas XVI/Papua saat tes malaria. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - Panitia Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua tak hanya menjalankan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Mereka juga menyiapkan fasilitas untuk tes malaria karena di Bumi Cendrawasih malaria menjadi salah satu penyakit mematikan.

Fasilitas tes malaria ini mirip dengan tes rapid saat awal pandemi Covid-19. Pasien yang dites, diambil sampel darahnya dengan ditusuk jarum kecil yang steril dan baru. Setelah itu darah diteteskan ke alatnya.

"Kalau ada garis di C itu aman, kalau ada di 1 itu malaria dengan satu jenis. Namun, apabila ada tanda di garis 2 maka malarianya berarti campuran," ucap salah satu petugas jaga medis, Yospita.

Saat disinggung soal Pil Kina, Yospita menyebut saat ini penggunaanya sudah tidak dianjurkan karena parasit malaria sudah kebal terhadap obat tersebut. Namun, setiap Puskesmas sudah memiliki obat khusus Malaria yang terbaru apabila nantinya ada pasien yang dinyatakan positif malaria.

Ada beberapa medical center yang dipersiapkan, mulai dari venue sampai dengan media center. Dia menyarankan apabila sudah ada gejala seperti meriang yang disertai mual dan muntah serta sakit kepala, Yospita meminta orang tersebut untuk segera melakukan tes malaria.

"Keluhan meriang, sakit kepala, mual, muntah, itu kan takutnya salah satu dari gejala malaria. Jadi kalau ada yang gejala seperti itu lebih baik langsung periksa," tuturnya. (dkk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Peparnas XVI Papua menyediakan corner kesehatan khusus untuk kontingen sampai peliput ajang olahraga difabel itu. Jangan ragu untuk tes


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News