Pantauan Terkini Pemulihan SKKL Rute Merauke-Timika

Pantauan Terkini Pemulihan SKKL Rute Merauke-Timika
Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan update pemulihan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) rute Merauke-Timika. Foto: Humas Kemenkominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan update pemulihan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) rute Merauke-Timika.

Menurutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama PT. Telkom Indonesia memprioritaskan layanan telekomunikasi voice dan internet.

Dia mengimbau masyarakat yang berada di wilayah Papua memanfatkan jaringan telekomunkasi untuk kepentingan prioritas terlebih dahulu.

“Kominfo dan PT. Telkom akan menyiapkan ini untuk kebutuhan-kebutuhan yang spesifik, sehingga layanan telekomunikasi tetap berlangsung dengan baik walaupun tidak sebesar seperti yang disediakan melalui jaringan tulang punggung,” jelas Johnny dalam keterangan di Jakarta, Rabu (11/5).

Menteri Johnny meminta agar pemenuhan layanan telekomunikasi prioritas tidak ditafsirkan sepihak dengan landasan yang tidak tepat. 

“Ini adalah bagian dari keterbukaan dan dengan tujuan agar jangan sampai informasi berkembang tidak beraturan atau tidak dengan dasar yang benar,” ujarnya.

Dia pun tetap memantau kualitas layanan telekomunikasi di kawasan Papua agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sampai pemulihan dilakukan. 

“Begitu pentingnya dan karena ini jaringan tulang punggung pita lebar untuk mentransmisikan data yang besar. Jika terjadi gangguan kita hanya bisa memanfaatkan satelit dan kapasitas tersisa yang jumlahnya terbatas,” tuturnya. 

Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan update pemulihan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) rute Merauke-Timika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News