Para Gus Berkumpul di Permakaman, Berikrar Menangkan Jokowi - Ma’ruf di Mataraman

Para Gus Berkumpul di Permakaman, Berikrar Menangkan Jokowi - Ma’ruf di Mataraman
Para kiai muda dab gus dari berbagai daerah di eks Karesidenan Madiun berkumpul kompleks makam Syekh Yahuda, Desa Nogosari, Kecamatan Ngadirejo, Pacitan untuk mendeklarasikan dukungan bagi Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Foto: KMB

jpnn.com, PACITAN - Para kiai muda dan gus dari berbagai daerah di eks Karesidenan Madiun berkumpul di Pacitan, Jawa Timur untuk mendeklarasikan dukungan bagi duet Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Tak hanya mendeklarasikan dukungan, para kiai dan gus yang berkumpul di daerah kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu juga siap menggencarkan kampanye bagi duet berjuluk Jokowi - Ma’ruf tersebut.

Para ulama yang terhimpun dalam Kiai Muda Bersatu (KMB) itu berkumpul di kompleks makam Syekh Yahuda di Desa Nogosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Pacitan, pada Kamis (21/3) malam hingga Jumat (22/3) dini hari untuk berkonsolidasi. Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah Ponorogo KH Nabiel Hasbullah selaku koordinator KMB mengatakan, dirinya dan para koleganya sepakat mendukung duet Jokowi - Ma’ruf demi masa depan ahlusunah waljamaah atau aswaja.

Untuk itu, KMB tengah menghimpun segenap potensi kekuatan serta dukungan para kiai, gus dan para santri di wilayah Mataraman khususnya di Kabupaten Pacitan untuk memenangkan Jokowi - Kiai Ma’ruf. “Karena Bapak Jokowi dan Kiai Ma’ruf adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang didukung para masyayikh dan diyakini akan selalu memperjuang nilai-nilai islam alhusunah waljamaah anahdliyah," ujar Kiai Nabiel sebagaimana siaran pers KMB ke media.

Kiai kondang yang akrab disapa dengan panggilan Gus Nabiel itu menambahkan, nahdliyin punya prinsip dalam menyambut Pemilu 2019. Prinsip itu adalah santri nderek kiai (santri ikut kiai).

"Prinsip dasar santri nderek kiai seharusnya tidak lagi diperdebatkan sehingga semua potensi bisa bersatu dan menyatu untuk kemenangan pasangan 01 (Jokowi - Ma’ruf, red). Bagaimanapun pasangan 01 ada Kiai Ma’ruf, ulama sepuh NU yang sangat kami hormati,” tegas Gus Nabiel yang juga cicit Syekh Yahuda.

Pada kesempatan sama Koordinator KMB Pacitan Gus Zakki Alwani mengaku sangat bangga karena daerahnya ketempatan para kiai dan gus untuk mendeklarasikan dukungan bagi Jokowi - Ma’ruf. Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kecamatan Ngadirejo, Pacitan itu pun makin terpacu untuk memenangkan duet Jokowi - Ma’ruf pada Pilpres 2019.

"Kami merasa sangat bangga dan berbahagia, karena di pelosok gunung Kabupaten Pacitan ini dijadikan lokasi ikrar deklarasi dukungan pemenangan pasangan 01. Tentunya ini menjadi tanggung jawab besar bagi para kiai dan gus serta para santri di Pacitan dalam memenangkan Jokowi-Makruf," katanya.

Para kiai muda dan gus dari berbagai daerah di eks Karesidenan Madiun mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi - Ma'ruf dan siap memenangkan duet 01 di wilayah Mataraman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News