Para Pemudik Diimbau Hati-Hati Lewat Jembatan Kali Kenteng

Para Pemudik Diimbau Hati-Hati Lewat Jembatan Kali Kenteng
Mudik lebaran 2018. Ilustrasi Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Pemudik diimbau untuk berhati-hati saat melewati jalur fungsional di Jalan Tol Salatiga-Kartasura. Utamanya saat melewati Jembatan Kali Kenteng.

Jembatan Kali Kenteng merupakan satu dari tiga titik kritis pada masa mudik 2018. Jembatan ini belum dapat dilalui dalam masa Mudik Lebaran 2018 ini karena pembangunannya belum selesai. Saat ini, progres konstruksi fisik jembatan tersebut berkisar 65 persen.

Kementerian PUPR menjamin bahwa jalur darurat kendaraan dibawah konstruksi Jembatan Kali Kenteng di ruas Salatiga-Kartasura aman dilalui kendaraan. Sebelumnya, jalur tersebut dianggap terlalu curam dan membahayakan.

Kendaraan harus mengalami antrean rata-rata 30 menit akibat penyempitan dari 2 lajur menjadi 1 lajur. Kendaraan melintas perlahan satu-per-satu dengan kecepatan sekitar 20 km per jam. Selain itu, permukaan jalur juga menanjak dan menurun.

Kepala Biro Informasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa PT. Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana dalam laporannya telah menyatakan tingkat kemiringan jalur tersebut masih dalam batas aman. “Kemiringannya berkisar 10 persen, sehingga cukup aman untuk dilintasi,” kata Endra, Minggu (10/6).

Agar tetap dapat dilewati pemudik, kontraktor telah membangun jalan sementara sepanjang 500 meter yang berada di sisi-bawah jembatan. Jalan ini memiliki lebar 8 hingga 10 meter dengan kondisi lean concrete (alas beton) setebal 10 cm. “Namun hanya dapat dilalui untuk 1 lajur kendaraan,” jelas Endra.

Endra mengatakan, jalur bawah tersebut juga sudah dilengkapi dengan rambu-rambu, pagar dan petugas yang mengarahkan kendaraan. “Petugas mengatur agar kendaraan melintas satu persatu lewat pengeras suara,” kata Endra.

Sementara itu, Direktur PT Jasa Marga Solo Ngawi (PT. JSN) David Wijayatno mengatakan bahwa operasional di jalan tol sejauh ini berlangsung tanpa hambatan. Memang ada sedikit kemacetan di sekitar Jembatan Kali Kenteng. Pantauan sejak hari sabtu (9/6) menunjukkan sempat terjadi antrian sepanjang 1 kilometer.

Jembatan Kali Kenteng belum dapat dilalui pada masa mudik lebaran tahun ini karena pembangunannya belum selesai, baru mencapai sekitar 65 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News