Parpol Pemerintah Hampir Dipastikan Menang

Wartawan Jepang Tertangkap

Parpol Pemerintah Hampir Dipastikan Menang
Parpol Pemerintah Hampir Dipastikan Menang
YANGON - Partai politik promiliter hampir dipastikan memenangi pemilu Myanmar. Pertimbangannya, banyak daerah pemilihan yang tidak diisi kandidat partai oposisi.

Di beberapa daerah pemilihan, persaingan hanya terjadi antara kandidat dari Partai Kesatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP) serta Partai Persatuan Nasional (NUP), yang semuanya sekutu dekat junta militer. Di antara 57 daerah pemilihan, 55 pemilihan hanya diikuti satu kandidat.

Meski belum jelas kapan hasil pemilu diumumkan, tampaknya, pemilu pertama sejak 20 tahun terakhir itu sudah berjalan sesuai dengan rencana para jenderal. Apapun hasilnya, dengan 25 persen kursi parlemen diberikan kepada militer, dua partai pro-junta hanya perlu memenangi 26 persen kursi untuk mengamankan suara mayoritas. Associated Press, yang mengutip media pemerintah junta, melaporkan bahwa 40 kandidat pro-junta telah dinyatakan menang.

Dua partai oposisi menuduh USDP telah menggalang suara secara ilegal sebelum pemilu dilaksanakan. Partai Angkatan Nasional Demokrat yang didirikan oleh sejumlah mantan anggota Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) menerima komplain dari warga yang mendapatkan perintah dari USDP bahwa mereka tidak perlu lagi pergi ke TPS untuk menggunakan hak pilih. Sebab, surat suara mereka sudah dikumpulkan sebelumnya.

YANGON - Partai politik promiliter hampir dipastikan memenangi pemilu Myanmar. Pertimbangannya, banyak daerah pemilihan yang tidak diisi kandidat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News