Pasangan Anies-Cak Imin Diprediksi Sulit Mengalahkan Prabowo di Jawa Barat

Pasangan Anies-Cak Imin Diprediksi Sulit Mengalahkan Prabowo di Jawa Barat
Bakal Capres 2024 yang juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Research Center and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebut mayoritas masyarakat Jawa Barat masih setia bersama Prabowo Subianto dalam menatap Pilpres 2024 mendatang. Kekuatan Prabowo Subianto di wilayah itu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hal itu menepis klaim kubu capres-cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar atau Anies - Cak Imin soal masyarakat Jabar telah beralih memberikan dukungan.

Dalam hasil survei Polling Institute periode 21-25 Agustus 2023, Prabowo meraih hasil yang sangat signifikan di Jabar dengan torehan suara 35,8 persen, sedangkan Anies Baswedan 25,5 persen.

Sementara, Voxpol Center mencatat Prabowo mendapat 41,0 persen dan Anies 39,5 persen.

Survei yang dilakukan pada periode 24 Juli hingga 2 Agustus 2023 itu menempatkan Prabowo di puncak elektabilitas di basis pemilih Jabar.

Pangi mengatakan bahwa masyarakat Jabar cenderung setia bersama Prabowo lantaran menteri pertahanan (menhan) itu menunjukkan kerja nyata.

Sementara, pasangan Anies – Muhaimin tidak memiliki panggung yang strategis untuk menarik suara dari masyarakat Jabar.

"Orang Jawa Barat itu cenderung mendukung Prabowo karena Anies itu, kan, sudah kehilangan panggung, itu problem-nya," kata Pangi dalam keterangannya, Rabu (20/9).

Pangi menyebut mayoritas masyarakat Jawa Barat masih setia bersama Prabowo Subianto dalam menatap Pilpres 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News