Pasangan Disfungsi Ereksi? Inilah Cara Menghadapinya

Pasangan Disfungsi Ereksi? Inilah Cara Menghadapinya
Pasangan Disfungsi Ereksi? Inilah Cara Menghadapinya

jpnn.com - PRIA dikenal memiliki gairah dan kemampuan seks lebih tinggi dibandingkan wanita. Namun hal tersebut mungkin tidak lagi berlaku jika pria mengalami disfungsi ereksi (DE). Untuk menjaga hubungan tetap sehat, sebagai istri apa yang sebaiknya dilakukan jika suami didiagnosis mengidap DE?

DE sendiri merupakan kondisi ketidakmampuan pria untuk memulai atau mempertahankan ereksi. Kondisi ini berakibat pada tidak adanya kepuasan saat bercinta.

Menurut Dr. Rupin Shah -seorang androlog di Lilavati Hospital, Mumbai-, hampir semua pria pernah mengalami kegagalan ereksi dalam hidup mereka. Namun ketika kondisi tersebut terjadi sebanyak 5 kali atau lebih selama periode 1 bulan, maka harus segera diperiksakan ke dokter.

Psikolog mengatakan, DE merupakan sebuah kondisi yang menakutkan bagi seorang pria. Hal ini terkait dengan munculnya kecemasan dan rasa malu. Ketidakmampuan untuk ereksi seringkali juga mempengaruhi citra diri mereka, terutama dalam kehidupan seksualnya.

Kondisi ini terasa semakin buruk ketika istri mencoba menyelesaikan dengan mengajaknya berbicara. Kebanyakan pria melihat DE sebagai masalah teknis, sementara wanita memandangnya sebagai masalah hubungan.

Pria merasa lebih nyaman dengan menghindarinya, sementara wanita justru sangat ingin membicarakannya. Secara bertahap, kondisi ini bahkan bisa memburuk jika tidak segera diatasi.

"Pada dasarnya pria tidak komunikatif. Sudah ada penelitian yang menunjukkan fakta bahwa otak kiri pria lebih dominan, sehingga mereka tidak terbiasa mendiskusikan perasaan yang dialaminya, terutama dalam urusan seksual. Ketika masalah seperti DE muncul, hal tersebut menjadi topik yang menyakitkan bagi pria," kata seorang psikoterapis, Hvovi Bhagwagar, seperti dilansir laman iDiva, Senin (23/12).

Sementara itu, Sallie Foley, direktur dari University of Michigan Sexual Health Certificate program (UMSHC), mengatakan bahwa menggunakan lingerie seksi dan berusaha menggoda pasangan anda tidak banyak membantu. Hal-hal semacam ini justru akan menimbulkan lebih banyak tekanan pada pria.

PRIA dikenal memiliki gairah dan kemampuan seks lebih tinggi dibandingkan wanita. Namun hal tersebut mungkin tidak lagi berlaku jika pria mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News