Pasca-Kerusuhan, Napi Lapas Jambi Dipindah ke Palembang

Pasca-Kerusuhan, Napi Lapas Jambi Dipindah ke Palembang
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Kanwil Kemenkumham Jambi akan memindahkan sejumlah narapidana Lapas II A Jambi dalam waktu dekat ini.

Langkah pemindahan itu diambil pascaterjadinya kerusuhan berujung pembakaran di lapas tersebut beberapa waktu lalu. Rencananya para napi akan dipindah ke lapas di wilayah Provinsi Jambi.

“Namun, jika tidak memungkinkan maka Lapas Palembang sudah dipersiapkan untuk menjadi alternatif. Ini juga untuk kepentingan warga binaan dalam lapas,” kata Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, seperti diberitakan Jambi Independent (Jawa Pos Group) hari ini.

Apalagi kondisi lapas saat ini sedang ada upaya perbaikan sarana. Pintu yang dijebol dan tembok yang rusak akan diperbaiki. Tim Inspektrorat Jambi juga sudah turun untuk melakukan penyelidikan.

“Ada tujuh orang yang melakukan penyelidikan,” kata dia.

Lapas sendiri kemarin masih dijaga ratusan personel gabungan dari TNI dan Polri. Pintu masuk masih dijaga ketat. Pihak lapas juga belum mengizinkan aktivitas besuk hingga kemarin.

AKP Waras Sundari selaku Perwira Pengendali mengatakan, meski sudah kondusif namun pengamanan masih tetap dilakukan. “Pengamanan dari Polresta Jambi 24 jam,” jabarnya.

Sementara, informasi dari seorang keluarga napi, di dalam lapas memang akhir-akhir ini situasinya sedang panas. Mulai dari kapasitas tampung yang tak memadai sampai persoalan nasi bungkus.

 Kanwil Kemenkumham Jambi akan memindahkan sejumlah narapidana Lapas II A Jambi dalam waktu dekat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News