Pastikan PC di Rumah Mati saat Ditinggal Mudik

Pastikan PC di Rumah Mati saat Ditinggal Mudik
Pastikan PC di Rumah Mati saat Ditinggal Mudik

JAKARTA – Aliran listrik pada perangkat elektonik di rumah hendaknya benar-benar diperhatikan saat mudik. Sebab, dikhawatirkan terjadi korsleting yang berakibat kebakaran ketika rumah dalam keadaan kosong.
        
Pakar Teknologi Informasi, Abimanyu Wachjoewidajat, mengingatkan, jangan sampai personal computer (PC) di rumah ditinggal mudik dalam keadaan menyala. Menurutnya, komputer dan adaptornya harus dipastikan benar-benar dalam kondisi mati,

“Komputer-komputer dirumah jangan lupa dimatikan saja dan cabut dari stop kontak listriknya, pastikan adaptor-adaptor sudah pada mati,” katanya, dalam pesan elektroniknya, Minggu (4/8).

Namun, kata dia, bila ada perangkat yang terpaksa harus tetap menyala saat ditinggalkan,  lebih baik diupayakan tidak menyimpannya di lantai. Semakin tinggi posisi menyimpannya maka akan semakin baik.

“Diganjal atau di meja sehingga kalau karena suatu hal lantai tergenang maka alat-alat tersebut tidak langsung korslet,” kata pria yang karib disapa Abah ini.

Ia mengatakan, bila menggunakan CCTV atau perangkat apapun yang ditinggal hidup di rumah dan bisa dikontrol dari jauh (remotable) maka pastikan iuran langganan internetnya sudah terbayar sampai bulan berjalan atau saldo penuh. “Dan uji dulu saat akan ditinggalkan apakah sudah benar-benar bisa diremote atau tidak,” imbuhnya. (boy/jpnn)


JAKARTA – Aliran listrik pada perangkat elektonik di rumah hendaknya benar-benar diperhatikan saat mudik. Sebab, dikhawatirkan terjadi korsleting


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News