Pastikan Program Regenerasi Petani Berjalan Baik, Kementan Kuatkan Kapasitas Manajemen

Pastikan Program Regenerasi Petani Berjalan Baik, Kementan Kuatkan Kapasitas Manajemen
Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS), salah satu program yang berupaya untuk melahirkan wirausaha muda di bidang pertanian. Foto: Dok Kementan

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan peran generasi muda dalam pembangunan pertanian sangatlah penting untuk meningkatkan pertanian di Indonesia.

Dia menegaskan pihaknya terus memotivasi anak muda agar tertarik dengan sektor pertanian.

Salah satunya dengan melahirkan program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS), salah satu program yang berupaya untuk melahirkan wirausaha muda di bidang pertanian.

Program ini merupakan proyek internasional yang disupport oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Hal regenerasi petani juga disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

“Terpilihnya Indonesia menjadi negara pertama yang melaksanakan proyek bantuan IFAD khusus untuk alih generasi pemuda pertanian merupakan model proyek yang dicermati oleh semua anggota IFAD di dunia, tetapi berhasil tidaknya proyek ini juga menjadi tanggung jawab kita. Sesuai dengan namanya YESS maka tidak ada kata gagal,” tuturnya.

“Ada dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS. Pertama, program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di perdesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS, yakni pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” kata Dedi Nursyamsi.

Menjelang pertengahan tahun 2022, program YESS di tingkat National Program Management Unit (NPMU) kembali menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kapasitas Manajement Project dalam hal ini pengadaan barang/jasa, keuangan, monitoring dan evaluasi serta GESI dengan melibatkan PPIU, DIT hingga mobilizer dari 4 provinsi dan 15 kabupaten lokasi program YESS.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan peran generasi muda dalam pembangunan pertanian sangatlah penting untuk meningkatkan pertanian di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News