Patrialis: Lalulintas Bandara Diperketat

Patrialis: Lalulintas Bandara Diperketat
Patrialis: Lalulintas Bandara Diperketat
JAKARTA - Tak ingin mengulang kembali lolosnya paspor asli tapi palsu ala Gayus Tambunan ‘Sony Laksono’, Kementrian Hukum dan HAM berjanji segera melakukan evaluasi internal. Pengawasan diperketat di pintu keluar dan pintu masuk bandara-bandara di Indonesia. Pengawasan dilakukan bersama PT Angkasa Pura dan Kementrian BUMN.

"Pembenahan ke dalam ini memang harus lebih diseriuskan. Karena ternyata di bandara itu tidak steril. Di bandara itu tempatnya proses imigrasi dan tempat orang lalu lalang," kata Menkumham, Patrialis Akbar, di kantor Presiden, Senin (17/1).

Selain meningkatkan kualitas SDM di bandara, Kemenkumham juga akan memaksimalkan fasilitas imigrasi di bandara. Bersama dengan Kementrian Perhubungan, Kemenkum HAM juga akan melakukan evaluasi terhadap Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di bandara-bandara seluruh Indonesia.

"Tempat perlintasan orang keluar masuk, sekarang terlalu banyak. Ada 120 TPI padahal kita punya BCM (sistem instalasi Border Control Management) baru 44. Ini akan kita tinjau dan nanti akan kita lakukan kajian. Kalau itu kita perketat, tentu konsekuensinya perlintasan orang di beberapa tempat akan berkurang," kata Patrialis.

JAKARTA - Tak ingin mengulang kembali lolosnya paspor asli tapi palsu ala Gayus Tambunan ‘Sony Laksono’, Kementrian Hukum dan HAM berjanji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News