Paus Fransiskus Rayakan Kamis Putih di Penjara Casal del Marmo

Paus Fransiskus Rayakan Kamis Putih di Penjara Casal del Marmo
Paus Fransiskus Rayakan Kamis Putih di Penjara Casal del Marmo
JAKARTA - Paus Fransiskus I memutuskan untuk merayakan Misa Kamis Putih (28/3) di Penjara Khusus untuk Remaja ”Casal del Marmo” di kota Roma, Italia, waktu setempat. Di tempat itu Paus Fransiskus membasuh kaki 12 orang tahanan remaja yang menghuni penjara tersebut. Ini sebagai simbol meneladani  Yesus Kristus yang membasuh kaki 12 muridnya saat perjamuan terakhir, sebelum hari wafatNya.

Agenda Paus Fransiskus ini diawali dengan memimpin Misa Krisma di Basilika Santo Petrus terlebih dahulu. Baru kemudian pada sore hari, Ia menuju penjara dan memimpin Misa Kamis Putih di tempat dimana pada bulan Maret tahun 2007 pernah dikunjungi Paus Emiritus Benediktus XVI. Dalam kunjungan tersebut, Paus Emiritus Benediktus XVI juga merayakan Misa Kudus namun bukan dalam rangka pembasuhan kaki atau merayakan Misa Kamis Putih.

Biasanya, perayaan Kamis Putih dan praktek pembasuhan kaki diadakan di Basilika Santo Petrus atau Basilika Santo Yohanes Lateran dengan mencuci kaki para imam atau awam. Namun bagi Paus Fransiskus pada kesempatan perayaan Kamis Putih ini,  Ia ingin rayakan seperti sewaktu menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires, Argentina.

Menurut Juru bicara Vatikan Federico Lombardi yang  dilansir melalui ncronline.org, sebelum menjabat sebagai Paus, Imam Ordo Jesuits itu terbiasa mengadakan dan memimpin Misa di rumah sakit, penjara atau rumah sakit khusus orang miskin dan terpinggirkan.

JAKARTA - Paus Fransiskus I memutuskan untuk merayakan Misa Kamis Putih (28/3) di Penjara Khusus untuk Remaja ”Casal del Marmo” di kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News