Pawai Lumbung Sungai Pekan Kebudayaan Nasional di BKT, Ajak Masyarakat Rawat Bumi

Pawai Lumbung Sungai Pekan Kebudayaan Nasional di BKT, Ajak Masyarakat Rawat Bumi
Pekan Kebudayaan Nasional 2023 resmi dibuka. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 segera berakhir. Berbagai rangkaian kegiatan untuk menutup PKN. Salah satunya Pawai Lumbung Sungai yang berlangsung di Taman Banjir Kanal Timur.

Pawai akan berlangsung di aliran sungai Aliran Ciliwung Cisadane, Banjir Kanal Timur (BKT) Duren Sawit.

Pawai Lumbung Sungai menghadirkan rakit hias dari komunitas dan perwakilan daerah. Tidak hanya kegiatan Pawai Lumbung Sungai, ada berbagai kegiatan penutup lain di 40 titik ruang tamu Pekan Kebudayaan Nasional.

Salah satunya juga berlangsung di ruang tamu Pekan Kebudayaan Nasional di Kantor Bappenas. Hasil musrembang kebudayaan yang sehari-hari dilakukan di ruang tamu PKN di Kantor Bappenas akan disampaikan oleh pimpinan Ditjen Kebudayaan kepada Pimpinan Bappenas.

“Setidaknya ada dua rekomendasi dalam musrembang, yakni pentingnya ekonomi budaya dan pengembangan Kawasan Pemajuan Kebudayaan” ujar Fitra Arda, Sekretaris Ditjen Kebudayaan.

Penyerahaan rekomendasi akan diawali dengan ritual tradisi Rampak Genteng, alinan musik dengan menggunakan genteng.

“Sementara itu, Pawai Lumbung Singai akan diawal dengan pergelaran ritual dari Trisna Sanjaya, dan pergelaran Swara Tirta (Sinau Art), pawai Reyog mini, dan Ayu Dila & Raa Ondel-ondel di darat mengiringi rakit hias di sungai," tambah Fitra Arda.

"Untuk malam hari diadakan hiburan rakyat pergelaran PM TOH, Rombong Dangdut, Jecko Siompo & Animal Pop Family," ujarnya.

Seluruh rangkaian PKN ini diharapkan bisa memberi inspirasi kepada masyarakat untuk upaya pemajuan kebudayaan serta imbauan untuk merawat bumi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News