PDIP Akhiri Konsolidasi Jelang Kongres dengan Konferda di Papua

PDIP Akhiri Konsolidasi Jelang Kongres dengan Konferda di Papua
Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto ketika mendapat sambutan ucapan selamat datang saat tiba di Bandara Sentani, Papua, Jumat (20/3). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.Com

jpnn.com - MERAUKE - Seluruh dewan pimpinan daerah (DPD) atau pengurus tingkat provinsi PDI Perjuangan telah menuntaskan konferensi daerah (konferda) sebelum partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menggelar kongres IV di Bali pada 9-12 April yang akan datang. Acara puncak jelang kongres itu adalah penutupan Konferda PDIP Papua di Merauke pada malam hari ini (20/3).

Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya sengaja menjadikan Papua sebagai provinsi yang penting dan strategis bagi perjalanan bangsa ke depan. Menurutnya, sudah tidak saatnya lagi ada ketimpangan antara Papua dengan daerah lain di Indonesia.

"Pesan politik PDIP sangat kuat. Dari Papua inilah sejatinya gambaran masyarakat adil dan makmur itu harus terwujud. Tidak ada artinya bagi Indonesia bagian barat maju, sementara di Papua masih tertinggal jauh. Karena itulah Indonesia dikatakan makmur, apabila masyarakat Papua sudah makmur," kata Hasto saat ditemui di Bandara Sentani, Jayapura saat transit menuju Merauke.

Hasto yang ditugas mewakili Megawati dalam penutupan Konferda PDIP Papua menegaskan, provinsi di ujung timur Indonesia itu memang sengaja dipilih untuk poncak penutupan konferda. Hal ini sekaligus sebagai momentum politik atas kesiapan PDIP dalam menghadapi kongres IV di Bali nanti.

Hasto menjelaskan, penutupan konferda di Papua ini sebagai pamungkas pembentukan pengurus anak cabang (PAC) di 6.994 kecamatan, dewan pimpinan cabang (DPC) di 508 kabupaten/kota dan DPD di 34 Provinsi. Dengan terbentuknya struktur partai hingga tingkat kecamatan, kata Hasto, maka PDIP pasca-kongres IV di Bali nanti langsung siap menjalankan program ideologis partai untuk tetap mengutamakan kepentingan rakyat meski saat ini menjadi partai pemeirntah.

"Konsolidasi personil ini menjadi skala prioritas utama. Dengan berakhirnya konsolidasi di Papua ini maka lengkaplah struktural partai. Dari Papua seluruh harapan Indonesia yang berdaulat, berkeadilan, bersatu, dan Indonesia yang makmur kami letakkan," tegasnya.(fat/jpnn)


MERAUKE - Seluruh dewan pimpinan daerah (DPD) atau pengurus tingkat provinsi PDI Perjuangan telah menuntaskan konferensi daerah (konferda) sebelum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News