PDIP Berjaya di Surabaya

PDIP Berjaya di Surabaya
PDIP Berjaya di Surabaya

jpnn.com - SURABAYA - Setelah dikalahkan Partai Demokrat pada Pileg 2009, kini PDIP kembali menang di Surabaya. Berdasar hasil rekapitulasi tempat pemungutan suara (TPS) yang dipantau Jawa Pos, partai berlambang banteng moncong putih tersebut unggul hampir di semua TPS. Bahkan, di sejumlah TPS, keunggulan suaranya mencapai 90 persen.

Misalnya, di TPS 14 Kelurahan Krembangan Selatan. Di antara total 231 jumlah suara sah, PDIP meraup 204 suara. Jauh meninggalkan para pesaingnya.

Yang terdekat adalah PKB dan PPP serta Partai Hanura. Masing-masing meraih empat suara. Gerindra, Demokrat, dan PKS masing-masing meraih tiga suara.

Kendati belum bisa dipastikan, sangat mungkin persentase kemenangan PDIP di Surabaya lebih besar daripada di tingkat nasional. Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana belum mau berkomentar banyak. “Lebih baik menunggu perhitungan suara selesai semua,” ucapnya.

Yang menarik justru persaingan untuk memperebutkan nomor dua karena kekuatan partai-partai lain sangat berimbang. Yakni, antara Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, dan dibayangi PKS.

Pesta demokrasi yang dilaksanakan kemarin (9/4) juga dimeriahkan sejumlah pejabat. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mencoblos di TPS 1 Jajar Tunggal Wiyung. Setelah mencoblos, wali kota mengalami kesulitan melipat surat suara, terutama untuk DPD.

Pantauan Jawa Pos, sekitar pukul 06.30 wali kota bersama keluarga keluar rumah. Mereka berjalan kaki menuju TPS yang jaraknya sekitar 500 meter. Saat menuju TPS, sejumlah tetangga wali kota bergabung.

Tidak lebih dari 10 menit, mereka sudah tiba di TPS tersebut. Setelah menyetorkan surat undangan mencoblos, wali kota menunggu panggilan dari ketua KPPS. Tak lama, dia dipanggil untuk mengaspirasikan suaranya.

SURABAYA - Setelah dikalahkan Partai Demokrat pada Pileg 2009, kini PDIP kembali menang di Surabaya. Berdasar hasil rekapitulasi tempat pemungutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News