PDIP Dorong Tata Pembangunan Berencana Kepulauan Nias

PDIP Dorong Tata Pembangunan Berencana Kepulauan Nias
Ajang surfing dunia, Nias Pro 2023 WSL QS 5000 di Pantai Sorake, Desa Orahili Fau Sihono, Kabupaten Nias Selatan, Minggu (17/9). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, NIAS SELATAN - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya mendorong tata pembangunan berencana Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Hasto di sela-sela kunjungannya ke Pulau Nias, dalam rangka mengunjungi ajang surfing dunia, Nias Pro 2023 WSL QS 5000. Acara itu dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan.

Bersama Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Hasto berkunjung dan melihat kemeriahan para atlet serta keriuhan pengunjung ajang yang sekalian dibalut sebagai pesta budaya. Lokasinya di Pantai Sorake, Desa Orahili Fau Sihono, Kabupaten Nias Selatan.

Hilarius menjelaskan ajang surfing internasional itu diikuti oleh 190 peserta dari 14 negara. Ajang tahunan ini dimulai sejak 2017 dan hanya terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19.

Acara ini sekalian dijadikan sebagai ajang pesta rakyat. Hal itu terlihat dari kunjungan wisatawan yang meningkat. Sejak ajang Nias Pro dibuka 11 September lalu, pengunjung terus meramaikan acara.

"Anak muda menampilkan budaya yang ada di Nias Selatan, setiap hari ditampilkan. Secara bergilir beberapa kecamatan menampilkan, dan dimumkan mana yang terbaik," kata Hilarius saat ditemui, Minggu (17/9).

Warga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga dilibatkan. Berbagai stan produk makanan, produk kelapa, hingga tenunan khas Nias Selatan, ditampilkan.

Ia mengaku tak sulit bagi pihaknya mempromosikan ajang Nias Pro itu. Sebab lokasi surfing terbaik di Nias Selatan sudah otomatis menarik para surfer dunia.

Bersama Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Hasto melihat kemeriahan para atlet serta keriuhan pengunjung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News