Pedas! Anies Baswedan Sebut Subsidi Mobil Listrik Malah Bikin Macet

Pedas! Anies Baswedan Sebut Subsidi Mobil Listrik Malah Bikin Macet
Bakal capres di Pilpres 2024 Anies Baswedan. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam acara Deklarasi dan Pengukuhan Sukarelawan ANIES, Minggu (7/5), bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan mengkritik kebijakan subsidi mobil listrik era Jokowi.

Menurut Anies, subsidi mobil listrik untuk kendaraan pribadi hanya menambah kemacetan, dan tidak menjadi solusi mengurangi polusi udara.

Dia juga menyebut subsidi tersebut tidak tepat sasaran.

"Subsidi mobil listrik tidak tepat sasaran, karena konsumen mobil listrik kebanyakan berasal dari kalangan yang justru tidak membutuhkan subsidi," ungkap Anies dalam pidato politiknya.

Selain itu, menurut Anies, merangsang penjualan mobil listrik dengan kebijakan subsidi tidak lantas mengurangi jumlah kendaraan yang beredar.

"Pengalaman kami di Jakarta, kendaraan pribadi berbasis listrik tidak akan menggantikan mobil yang ada di garasi. Ia justru akan menambah jumlah mobil di jalanan, menambah kemacetan di jalanan," tegas Anies.

Selanjutnya Anies mengatakan dirinya akan berusaha mengarahkan agar sumber daya yang dimiliki negara diberikan melalui sektor-sektor yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat banyak.

Bacapres yang diusung beberapa partai itu mengatakan penggunaan kendaraan listrik akan lebih baik apabila berfokus pada kendaraan umum berbasis listrik.

Dalam acara Deklarasi dan Pengukuhan Sukarelawan ANIES, Minggu (7/5), bacapres Anies Baswedan mengkritik kebijakan subsidi mobil listrik era Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News