Pejabat Kemendikbudristek: Ini Seperti Kartun Tom & Jerry

Pejabat Kemendikbudristek: Ini Seperti Kartun Tom & Jerry
Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam mengibaratkan dunia pendidikan tinggi dan industri seperti kisah Tom & Jerry. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam menyampaikan perguruan tinggi harus bisa menyesuaikan diri dan mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Menurut Nizam, meskipun kurikulum pendidikan tinggi selalu disesuaikan, tetapi hal tersebut tidak relevan dengan perkembangan zaman yang bergerak cepat.

Hal ini lantaran kurikulum yang disesuaikan setiap lima tahun adalah hasil evaluasi untuk lima tahun sebelumnya, sedangkan lima tahun ke depan dunia sudah berubah. 

"Jika dianalogikan, ini seperti kartun Tom & Jerry, antara dunia pendidikan tinggi dan dunia kerja selalu kejar-kejaran dan tidak pernah sesuai," ujarnya, Minggu (30/1).

Nizam pun menyampaikan pilihan terbaik dalam menyiapkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman adalah melalui program merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM).

Perguruan tinggi, dunia industri, dan pemerintah bersinergi dalam upaya menyambungkan pendidikan dengan berbagai aspek kehidupan di masyarakat melalui berbagai kegiatan hasil implementasi MBKM yang bisa dilakukan mahasiswa. 

"Dunia berkembang begitu cepat, banyak pekerjaan yang kini digantikan mesin. Perguruan tinggi maupun industri tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Karena itu, SDM unggul perlu kita siapkan bersama," tegasnya. 

Nizam menyebutkan tantangan dalam menciptakan angkatan kerja yang kreatif dan inovatif. Pasalnya, saat ini mesin mulai mengambil alih pekerjaan manusia.

Pejabat Kemendikbudristek mengibaratkan dunia pendidikan tinggi dan industri seperti kisah Tom & Jerry.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News