Pekik Teriakan Indonesia..Indonesia.. di Tribun Suporter Thailand

Pekik Teriakan Indonesia..Indonesia.. di Tribun Suporter Thailand
Suporter Timnas Indonesia. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - BANGKOK - Kalah menang itu hal biasa dalam sebuah pertandingan olahraga. Demikian juga dalam sepak bola, saat Timnas berlaga di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12) malam.

Lebih dari 50 persen netizen tidak bisa move on dari dukungan moral pada tim Garuda itu. Trending topic di Twitter, 20 besar didominasi oleh tema-tema bela timnas melalui digital. Kali ini, netizen cukup fair, tidak banyak caci maki, tidak banyak hujat cerca, saat harus kalah 0-2 dari tuan rumah Thailand.

Mereka menghargai, menghormati dan mengapresiasi kerja keras, perjuangan besar, squat Merah Putih, selama 2 x 45 menit itu. 

Hasil itu adalah capaian maksimal yang bisa dipersembahkan buat bangsa. "Jangan patah arang. Ambil pelajaran atas kekalahan. Timnas Indonesia tetaplah semangat," tulis Presiden Joko Widodo melalui akun Twitter resmi miliknya.

Puluhan hastag yang menguasai trending topic di twiterland. Ada yang #TerimakasihTimnasku, #Terimakasih Indonesia, #AksiBelaTimNas1712, #Garuda #Ayo Indonesia, #Respect, #timnasjuara, #timnasday, #indonesia, #GarudaBisaMenang #GarudaBisaJuara, #VivoForIndonesia, dan lainnya. Hingga Minggu pagi, 18 Desember 2016, suara-suara di media social yang mendukung Timnas PSSI masih saja bersiul.

Soal hasil pertandingan, itu sudah terjadi. Dalam pertandingan, menang kalah itu biasa. Yang penting sudah berusaha keras dengan jiwa dan kekuat tenaga. Tetapi dari sisi gebyar Piala AFF 2016 itu sendiri, Indonesia patut berbangga. 

Pertama, dari tribun yang dipenuhi kaus biru suporter Timnas Thailand, terdengar gemuruh suara “Indonesia.. Indonesia.. Indonesia..” diiringin tepuk tangan riuh. Publik Thailand sangat welcome, dengan kehadiran banyak suporter Merah Putih.

Kedua, ini pelajaran penting, bahwa Thailand memperlakukan suporter Indonesia yang terbang ke Negeri Gajah Putih itu sebagai wisatawan mancanegara. 

BANGKOK - Kalah menang itu hal biasa dalam sebuah pertandingan olahraga. Demikian juga dalam sepak bola, saat Timnas berlaga di Stadion Rajamangala,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News