Jumat, 19 Juli 2019 – 19:51 WIB

Pelabuhan Marunda Harus Dioptimalkan

Rabu, 05 September 2018 – 17:59 WIB
Pelabuhan Marunda Harus Dioptimalkan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pelaku usaha sektor maritim mendesak pemerintah untuk mengoptimalkan keberadaan Pelabuhan Marunda sebagai penopang pelabuhan utama Tanjung Priok.

Saat ini, Pelabuhan Marunda telah memiliki sejumlah terminal, serta dua Badan Usaha Pelabuhan atau BUP, yaitu Marunda Center Terminal (MCT) dan milik PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Keduanya mempunyai potensi besar sebagai penopang Tanjung Priok. Pelaku usaha menilai dengan keberadaan keduanya, beban Tanjung Priok bisa dilimpahkan sehingga menekan kongesti, terlebih untuk bongkar muat barang curah.

Ketua Umum Indonesia Shipowner Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, Pelabuhan Marunda memiliki potensi untuk dikembangkan karena jumlah kargo yang bertumbuh dari tahun ke tahun dan didukung dengan lahan yang cukup luas. 

Menurut Carmelita, Marunda bisa naik kelas dan melayani pelayaran internasional sebagai alternatif Tanjung Priok.

“Marunda juga dapat menjadi penyanggari Pelabuhan Tanjung Priok, karena pelabuhan ini secara letak geografis tidak terlalu jauh dari Tanjung Priok. Keberadaan Marunda menjadi sangat strategis bagi Tanjung Priok untuk menekan yard occupancy ratio-nya,” ucapnya.

Bagi pelayaran, status Pelabuhan Marunda di masa mendatang bukan masalah, yang penting, kata dia, perlu adanya peningkatan unsur keamanan untuk pelayaran baik dari sisi kapal, ABK maupun aktifitas pelayaran atau aktivitas distribusi kargo keluar dari Marunda. 

Selain itu, perlu juga adanya peningkatan infrastruktur baik di temrinal, termasuk pembangunan bandara yang tengah dijalankan, serta akses jalan menuju lokasi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar