Pelajar Papua Punya Merek Ponsel Pintar Sendiri, Ternyata Binaan BIN

Pelajar Papua Punya Merek Ponsel Pintar Sendiri, Ternyata Binaan BIN
Anak muda di Papua yang tergabung dalam Youth Creative Hub (PYCH) akan segera meluncurkan merek ponsel pintar dan laptop pertama di Papua. Foto: Dok Litbang BIN

jpnn.com, JAKARTA - Anak muda di Papua yang tergabung dalam Youth Creative Hub (PYCH) akan segera meluncurkan merek telepon selular (ponsel) pintar dan laptop pertama di Papua.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Badan Intelijen Negara (BIN), Dr. Armi Susandi mengatakan nama merek itu adalah TOP.ID.

TOP.ID adalah kependekan dari Torang Papua Indonesia.

Baca Juga:

Menurut Armi, pelajar SMK Negeri 3 Jayapura, Papua yang tergabung dalam PYCH di bawah pembinaan Puslitbang BIN berhasil melakukan pengembangan sistem operasi dan smartphone.

"Pembinaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan semangat inovasi dan kreativitas anak muda Papua khususnya dalam bidang teknologi informasi," ujar Armi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (19/3).

Armi menjelaskan gadget dengan Brand TOP.ID akan diluncurkan secara resmi pada peresmian PYCH, 21 Maret 2023 mendatang oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Bapak Kepala BIN Budi Gunawan.

"Sistem operasi yang dikembangkan oleh siswa SMK di Papua ini didesain memiliki sistem pengamanan terhadap data pribadi yang tinggi selain tentunya memiliki fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan penggunaan Gadget Smartphone dan Laptop," jelasnya.

Armi mengatakan sistem operasi TOP.ID cukup unik dan memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

Anak muda di Papua yang tergabung dalam Youth Creative Hub (PYCH) akan segera meluncurkan merek ponsel pintar dan laptop pertama di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News