Pelaku Pendidikan se-Riau Berikrar Dukung PPK

Pelaku Pendidikan se-Riau Berikrar Dukung PPK
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Foto: riaupos.co/JPNN

jpnn.com, PEKANBARU - Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang akan diterapkan tahun pelajaran baru 2017/2018, didukung para pelaku pendidikan Provinsi Riau.

Diwakili Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Kota Pekanbaru, membacakan pernyataan Ikrar mendukung program PPK di tengah acara pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2017, di GOR Remaja Pekanbaru, Riau, Senin (3/7).

Pembacaan pernyataan dukungan tersebut disaksikan 2.024 peserta dan pendukung penyelenggaraan OSN seluruh Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Direktur Jenderal Dikdasmen Hamid Muhammad, seluruh kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia, serta para kepala sekolah, dan guru di Provinsi Riau.

"Pak Mendikbud sudah banyak menjelaskan tentang PPK. Menurut saya program ini sangat bagus dan patut kita dukung penyelenggaraannya,” kata Gubernur Riau.

Hal ini mendapat apresiasi Menteri Muhadjir. Dalam penerapan PPK, tidak sama dengan penerapan Fullday School. “PPK ini tidak sama dengan Fullday School, dan Kemendikbud tidak menjalankan Fullday School,” tegasnya.

Dia menyebutkan, terdapat lima karakter yang harus dikembangkan dalam penguatan pendidikan karakter ini, yakni religius, nasionalisme, kemandirian, integritas, dan semangat gotong royong, sehingga sumber belajar di luar sekolah bisa diajak aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah.

"Kita kuatkan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler sebagai penguatan karakter di sekolah,” pungkasnya. (esy/jpnn)


Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang akan diterapkan tahun pelajaran baru 2017/2018, didukung para pelaku pendidikan Provinsi Riau.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News