Pelatihan Rantai Nilai Bantu Petani di Kendal Tingkatkan Keuntungan

Pelatihan Rantai Nilai Bantu Petani di Kendal Tingkatkan Keuntungan
Pelatihan rantai nilai di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, KENDAL - Rantai nilai memiliki peran strategis dalam pembangunan pertanian, bisa meningkatkan hasil panen petani.

Hal inilah yang tengah dimasifkan Kementerian Pertanian melalui program IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program).

Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dinas pertanian setempat menggelar fasilitasi rantai nilai melalui kegiatan bertajuk 'Kegiatan Temu Usaha'.

Acara berlangsung di lima titik kecamatan, yakni Kecamatan Kendal, Widodaren, Mantingan, Kedunggalar, dan Kecamatan Ngrambe.

Narasumber pelatihan Galih Wiranegara mengatakan giat ini bertujuan untuk mempertajam dan lebih mendekatkan pelaku utama dengan usaha yang sesuai dengan potensi yang ada di setiap titik lokasi kegiatan.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperpendek rantai pemasaran komoditas sehingga margin petani dapat ditingkatkan.

"Kami juga berharap rantai nilai ini mampu merangsang petani untuk memberikan nilai tambah bagi produk yang dihasilkan dengan sentuhan di pasca panen dan pengolahan," ujar dia melalui keterangan tertulisnya.

Galih menjelaskan para peserta juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya kegiatan on farm sekaligus kegiatan off farm.

Rantai nilai memiliki peran strategis dalam pembangunan pertanian, bisa meningkatkan hasil panen petani di Kabupaten Kendal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News