Pelepasan Citilink Tuntas 2012

Pelepasan Citilink Tuntas 2012
Pelepasan Citilink Tuntas 2012
JAKARTA - Proses pemisahan (spin off) maskapai Citilink dari induk usahanya PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sudah rampung 50 persen. Salah satu unit bisnis Garuda itu sudah melengkapi syarat menjadi perseroan dan resmi bernama PT Cilitink Indonesia.

"Proses pemisahan Citilink dari Garuda untuk menjadi unit usaha sendiri tinggal menunggu kajian teknis dari Kementerian Perhubungan," ujar Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan. Langkah seperti itu telah menjadi kewajiban bagi semua perusahaan yang ingin mendirikan usaha angkutan penerbangan baru.

Eliza mengatakan, Citilink menunggu kajian teknis dari Kemenhub mengenai kepemilikan, kepengurusan, serta rencana kerja (business plan). Sebab, pemerintah berharap setiap maskapai baru dipegang orang-orang yang kompeten dan memiliki modal yang kuat. “Kemenhub akan melakukan review atas business plan yang sudah diajukan untuk tiga tahun ke depan,” tandasnya.

Setelah semua itu, Kemenhub akan melakukan fit and proper test terhadap kepengurusan yang bisa berlangsung beberapa bulan. Eliza menyebut, kepengurusan Citilink berasal dari internal Garuda ditambah rekrutmen dari luar. Meski begitu, kepemilikan saham masih 100 persen milik Garuda. "Masih ada beberapa persyaratan yang harus kita proses dalam rangka pendirian perusahaan maskapai yang mandiri," cetusnya.

JAKARTA - Proses pemisahan (spin off) maskapai Citilink dari induk usahanya PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sudah rampung 50 persen. Salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News