Pelindo 1 Tuntaskan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

Pelindo 1 Tuntaskan Pengembangan Pelabuhan Sibolga
Nelayan Sibolga. Foto ilustrasi: pojoksatu

jpnn.com, SIBOLGA - PT Pelabuhan Indonesia I telah merampungkan seluruh pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara yang meliputi pegembangan dermaga multipurpose dengan panjang keseluruhan mencapai 153 meter.

Pengembangan Pelabuhan Sibolga secara keseluruhan sudah mencapai 100 persen.

“Pelindo 1 telah menyelesaikan perluasan Dermaga Multipurpose, pembangunan Container Yard, perluasan dermaga ferry, serta revitalisasi terminal penumpang & pembangunan skybridge dengan panjang 150 meter yang menghubungkan dermaga ferry dengan terminal penumpang,” ujar SVP Corporate Secretary Pelindo 1, M. Eriansyah.

Pada 2016, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir secara langsung melakukan peresmian ground breaking pengembangan Pelabuhan Sibolga dan akan dilaunching pada tahun ini. 

"Dengan rampungnya pengembangan tersebut, kinerja pelayanan kepelabuhanan di Pelabuhan Sibolga terus menunjukkan peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas," jelasnya.

Sebagai Pelabuhan Pengumpul, Pelabuhan Sibolga telah dilengkapi dermaga Multipurpose dengan panjang keseluruhan 153 meter yang memiliki panjang tambatan 296 meter yang mampu disandari empat kapal sekaligus dan luas lapangan penumpukan 6.000 m2 yang dapat menampung petikemas hingga 18 ribu box/tahun atau 20 ribu teus/tahun. 

Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat, Pelabuhan Sibolga juga didukung dengan peralatan bongkar muat berupa 1 unit Fix Crane.

Dengan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini mampu menekan biaya logistik di mana arus barang yang melewati Pelabuhan Sibolga semakin meningkat. 

Dengan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini mampu menekan biaya logistik di mana arus barang yang melewati Pelabuhan Sibolga semakin meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News