Peluang Hujan di Riau Kecil

Peluang Hujan di Riau Kecil
Peluang Hujan di Riau Kecil

jpnn.com - PEKANBARU--Sepertinya bencana kabut asap yang dirasakan masyarakat Riau, masih akan cukup lama terasa. Dua hari sebelumnya BMKG memperkirakan peluang hujan cukup besar di akhir pekan ini dibanding hari-hari setelahnya. Namun disebabkan kabut asap kian tebal kemungkinan hujan itu menjadi kecil sekali terjadi. Padahal faktor pendukung lainnya sangat memberi peluang untuk pembentukan awan hujan.

‘’Tinggal lagi menunggu tembusan cahaya matahari ke udara untuk proses penguapan, sekiranya ini terjadi, prakiran hujan akan terjadi di akhir pekan,’’ ujar staf analisa Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Sanya Gautami.

Dijelaskan Sanya, sebenarnya dari faktor kelembapan udara, kecepatan angin yang cenderung ‘’kalem’’ serta faktor arah angin, sangat besar sekali potensi hujan terjadi di akhir pekan ini.

‘’Tapi kalau cahaya matahari seperti hari ini tampak memerah yang berarti tak tembus atau terhalang oleh partikel-partikel debu yang mengambang di udara kita. Kemungkinan hujan itu tipis,’’ katanya.

Kalau pun hujan, lanjut Sanya hanya berupa hujan lokal dengan intensitas yang sangat minim sekali. Sementara itu disebutkannya juga arah angin masih didominasi dari utara hingga timur laut. (hen)


PEKANBARU--Sepertinya bencana kabut asap yang dirasakan masyarakat Riau, masih akan cukup lama terasa. Dua hari sebelumnya BMKG memperkirakan peluang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News