Pemadaman Lampu 1 Jam di DKI Menghemat Energi dan Kurangi Karbon Sebegini

Pemadaman Lampu 1 Jam di DKI Menghemat Energi dan Kurangi Karbon Sebegini
Ilustrasi - Warga menikmati suasana di Monumen Nasional (Monas). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta melakukan pemadaman lampu selama 60 menit atau 1 jam di sejumlah titik di ibu kota pada Sabtu (26/11) malam lalu.

Pemadaman lampu tersebut bagian aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon di Jakarta.

Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan pemadaman lampu di sejumlah fasilitas publik, gedung, dan perkantoran pemerintahan itu mampu menghemat energi listrik dan mengurangi emisi karbon.

"Pemadaman lampu menghemat energi listrik sebesar 171,96 MWh dan mengurangi emisi karbon 160,61 ton CO2," ujar Asep Kuswanto dalam keterangannya, Minggu (27/11).

Dia menyebut aksi pemadaman lampu dalam rangka rangka hemat energi itu sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 14 Tahun 2021

"Pemadaman lampu dalam rangka aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon digelar di seluruh gedung pemerintah, jalan protokol, dan arteri serta simbol kota Jakarta," terangnya.

Pemadaman lampu di gedung pemerintahan milik Pemprov DKI Jakarta dikecualikan bagi fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.

Lokasi pemadaman lampu di Jakarta berlangsung di 7 tempat, yakni gedung Balai Kota DKI, Monumen Nasional (Monas) dan air mancur, Patung Arjuna Wiwaha.

Pemprov DKI Jakarta menggelar aksi pemadaman lampu selama 1 jam pada Sabtu (26/11) malam lalu, demi hemat energi dan kurangi karbon di ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News