Pemangkasan Eselon III dan IV Mempercepat Pelayanan ke Masyarakat

Pemangkasan Eselon III dan IV Mempercepat Pelayanan ke Masyarakat
PNS. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dan sosial kemasyarakatan John N Palinggi menyambut positif kebijakan Presiden Joko Widodo memangkas jabatan eselon III dan IV. John meyakini pemangkasan eselon salah satu satu wujud reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintahan Jokowi.

"Kalau terlalu banyak jenjang birokrasi, tantangannya pun semakin besar dan tidak bisa cepat melayani. Kalau eselon gemuk, memang tetap bekerja, tetapi tidak bisa cepat," ujar John di Jakarta, Jumat (8/11).

John optimistis, pelayanan ke masyarakat akan lebih efektif jika pemangkasan eselon dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

"Jangan banyak orang menikmati jabatan, tetapi tidak bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, malah mempersulit. Dengan reformasi birokrasi, maka urusan masyarakat bisa lebih singkat. Keputusan Presiden Jokowi melakukan reformasi birokrasi sangat tepat," ucapnya.

Sementara itu kepada aparatur sipil negara (ASN), John berharap ada keterbukaan hati dan pikiran serta kesediaan memahami tugas dengan benar, sehingga rakyat bisa dilayani
sebaik-baiknya.

"Pahami bahwa rakyat menghendaki pelayanan yang lebih baik. Bukan hanya memikirkan kenaikan pangkat saja," katanya.

John meyakini kebijakan memangkas jabatan eselon III dan IV tidak akan sulit, selama ada kemauan dan kerja sama yang dari seluruh stakeholder terkait dalam menerjemahkan perintah presiden. (gir/jpnn)

Pengamat politik dan sosial kemasyarakatan John N Palinggi menyambut positif kebijakan Presiden Joko Widodo memangkas jabatan eselon III dan IV.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News