Pembatasan Truk Sumbu 3 saat Musim Mudik Lebaran Dianggap Kemunduran

Pembatasan Truk Sumbu 3 saat Musim Mudik Lebaran Dianggap Kemunduran
Truk sumbu tiga dilarang beroperasi pada momen lebaran 2023. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembatasan truk sumbu tiga pada saat momen lebaran 2023 dianggap sebagai kemunduran dari manajemen arus mudik di lapangan.

Sementara, Presiden Joko Widodo berharap agar pada musim lebaran 2023 ini ada perbaikan manajemen.

"Saya berharap dengan perencanaan dan manajemen yang baik, masyarakat yang melakukan mudik lebaran tahun ini mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari tahun sebelumnya."

"Secara detail, yang bekerja di lapangan itu harus betul-betul melihat sehingga perbaikan dari manajemen tahun yang lalu untuk arus mudiknya harus lebih baik,” ujar Presiden saat memimpin rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju guna membahas persiapan mudik Lebaran tahun 2023 di Pelabuhan Merak, Senin, 11 April 2023.

Sebagai informasi, pada aturan mudik lebaran tahun 2022 lalu, tidak ada pelarangan terhadap truk sumbu tiga untuk beroperasi. Seperti diketahui, truk sumbu tiga ini merupakan transportasi utama untuk pengangkutan air galon dan produk-produk ekspor impor.  

Namun, pada momen lebaran tahun 2023 ini truk sumbu tiga untuk mengangkut air galon dan produk-produk ekspor impor dilarang untuk beroperasi.

Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Muhammad Mufti Mubarok mengatakan tidak setuju adanya pelarangan angkutan logistik pada saat momen lebaran hanya karena alasan kemacetan. Menurutnya, justru dengan adanya pelarangan tersebut, masyarakat akan dibuat menderita karena terjadi kelangkaan barang yang dibutuhkan saat momen lebaran tersebut, terutama air minum.

“Enggak usah dilarang-larang seperti itulah menurut saya. Ini kan tradisi mudik yang sudah turun-temurun. Seharusnya tradisi keagamaan ini kan harus disupport bukan dihalang-halangi. Malah pemerintah seharusnya bukan melarang tapi memikirkan bagaimana mekanisme pengamanan terkait angkutan logistik dan kendaraan mudik itu semuanya bisa aman dan safety,” ujarnya.

Pembatasan truk sumbu tiga pada saat momen lebaran 2023 dianggap sebagai kemunduran dari manajemen arus mudik di lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News