Pemda DKI Pasang Kuda-Kuda, Konon Bahan Pangan Pasti Naik Bulan Depan

Pemda DKI Pasang Kuda-Kuda, Konon Bahan Pangan Pasti Naik Bulan Depan
Kebutuhan bahan pangan dipastikan akan mengalami kenaikan menjelang bulan ramadhan dan saat hari raya idul fitri 2022 nanti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebutuhan bahan pangan dipastikan akan mengalami kenaikan permintaan menjelang Ramadan dan saat hari raya Idul Fitri 2022 nanti.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan bila dibandingkan dengan kebutuhan saat bulan normal, besarannya bervariasi tergantung jenis bahan pangannya. 

“Maret secara signifikan terjadi kenaikan pada komoditas telur ayam dan daging, April kenaikan terjadi pada seluruh kebutuhan pangan strategis,” ucap Eliawati saat dikonfirmasi, Rabu (16/2).

Kebutuhan pangan strategis di antaranya beras, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, telur ayam, daging sapi, daging ayam, gula pasir dan minyak goreng.

Kemudian pada Mei 2022 terjadi kenaikan pada daging sapi dan daging ayam.

Meski kebutuhan pangan bakal mengalami kenaikan, namun DKPKP dan BUMD Pangan di DKI akan bekerja sama dengan Bulog Divre Jakarta Banten, Badan Pangan Nasional, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Kepolisian.

“Kami akan berupaya menjamin ketercukupan ketersediaan pangannya antara lain melalui PT. Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Pasar Jaya, dan Perumda Darma Jaya untuk daging ayam dan daging sapi,” kata dia.

Elia memerinci upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta antara lain adalah pendistribusian bahan pangan bersubsidi seperti beras, daging sapi, daging ayam, susu, ikan dan telur ayam untuk masyarakat tertentu, yaitu siswa penerima KJP, penghuni Rusun terdaftar, PJLP terdaftar.

Kebutuhan bahan pangan dipastikan akan mengalami kenaikan menjelang bulan ramadhan dan saat hari raya idul fitri 2022 nanti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News